Elsa, Rahmadani (2018) From Watching to Reading: A study on Film Adaptation of Antoine de Saint Exupery's The Little Prince. Diploma thesis, Universitas Andalas.
|
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version Download (234kB) | Preview |
|
|
Text (Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan..pdf - Published Version Download (408kB) | Preview |
|
|
Text (Bab 4.Kesimpulan)
BAB 4 Kesimpulan..pdf - Published Version Download (296kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (285kB) | Preview |
|
Text (Skripsi)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Skripsi ini membahas kemampuan film adaptasi The Little Prince yang disutradarai Mark Osborne (2015) sebagai sebuah strategi literasi. Dalam menganalisis adaptasi tersebut, penulis menggunakan teori adaptasi yang diperkenalkan oleh Linda Hutcheon. Dengan membandingkan buku The Little Prince oleh Antoine De Saint Exupery yang diterjemahkan oleh Robert Howard ke dalam Bahasa Inggris (2015) dan film The Little Prince yang disutradarai oleh Mark Osborne (2015), ditemukan penambahan karakter, perbedaan sudut pandang, serta perubahan pada latar dan tema. Penulis menjelaskan bahwa film dan buku The Little Prince adalah dua media yang saling mengisi. Hal itu dapat dilihat dari beberapa potongan adegan film yang memberikan ruang kepada penonton untuk menimbulkan rasa ingin tahu terhadap bukunya. Penelitian ini diteruskan dengan penyebaran kuesioner terhadap empat puluh lima mahasiswa tahun pertama Sastra Inggris Universitas Andalas yang belum pernah membaca buku The Little Prince tetapi sudah menonton film adaptasinya. Penulis merujuk pada penyusunan skala Likert untuk mengetahui kadar pemahaman, efek terhadap diri penonton, dan ketertarikan serta keinginan setelah menonton film The Little Prince (2015). 78 % dari responden mempunyai keinginan untuk membaca cerita The Little Prince setelah menonton film adaptasinya. Dari hasil analisis ini penulis menyimpulkan bahwa film adaptasi The Little Prince (2015) mempunyai indikasi sebagai salah satu strategi untuk menarik pembaca baru terhadap buku The Little Prince (2015) Kata kunci: Adaptasi, Strategi Literasi, The Little Prince, Media, Respon penonton
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Donny Eros, S.S, M.A |
Subjects: | P Language and Literature > PR English literature |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Inggris |
Depositing User: | s1 sastra inggris |
Date Deposited: | 27 Jul 2018 12:43 |
Last Modified: | 27 Jul 2018 12:43 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/36943 |
Actions (login required)
View Item |