STUDI KOMPARATIF: HUBUNGAN BUDAYA KERJA PERAWAT DAN SUPERVISI DENGAN KUALITAS PELAYANAN KEPERAWATAN DI RSUD M. SANI KARIMUN DAN RS. BAKTI TIMAH KABUPATEN KARIMUN

DILGU, MERI (2018) STUDI KOMPARATIF: HUBUNGAN BUDAYA KERJA PERAWAT DAN SUPERVISI DENGAN KUALITAS PELAYANAN KEPERAWATAN DI RSUD M. SANI KARIMUN DAN RS. BAKTI TIMAH KABUPATEN KARIMUN. Masters thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I (PENDAHULUAN).pdf - Published Version

Download (546kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VII)
BAB VII (PENUTUP).pdf - Published Version

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR KEPUSTAKAAN.pdf - Published Version

Download (433kB) | Preview
[img] Text (TESIS FULL TEXT)
FULL TESIS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Ketidakmampuan menanamkan budaya kerja yang baik akan mempengaruhi kemampuan untuk mempertahankan kualitas perawatan kesehatan dan akan berdampak negatif pada kepuasan pasien. Begitu juga dengan pelaksanaan supervisi yang kurang baik akan berdampak terhadap kualitas pelayanan yang diberikan oleh perawat. Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan hubungan budaya kerja dan supervisi dengan kualitas pelayanan keperawatan di RSUD M. Sani Karimun dan RS. Bakti Timah Kabupaten Karimun tahun 2018. Desain penelitian menggunakan Comparative design. Sampel diambil secara stratified random sampling dengan jumlah 60 perawat untuk RSUD M. Sani Karimun dan 60 perawat untuk RS Bakti Timah. Hasil uji statistik di RSUD M. Sani Karimun didapatkan adanya hubungan budaya kerja perawat (pvalue=0,006) dan supervisi (pvalue=0,025) dengan kualitas pelayanan keperarawatan. Begitu juga di RS Bakti Timah Karimun didapatkan adanya hubungan budaya kerja perawat (pvalue=0,005) dan supervisi (pvalue=0,003). Selanjutnya Uji Mann Whitney didapatkan variabel kualitas pelayanan (pvalue=0,006) dan supervisi (pvalue=0,045) memiliki perbedaan antara RSUD M. Sani Karimun dan RS Bakti Timah. Namun untuk variabel budaya kerja perawat (pvalue=0,570) tidak terdapat perbedaan. Pembuatan beberapa kebijakan untuk pengembangan dan membudayakan perilaku caring di RSUD M. Sani Karimun dan RS Bakti Timah sangat dibutuhkan, serta pembuatan kebijakan/panduan tentang kriteria pendidikan, keterampilan, pengetahuan dan pengalaman yang dibutuhkan oleh kepala ruangan sebagai seorang supervisor RSUD M. Sani Karimun dan RS Bakti Timah. Kata kunci : Budaya kerja, kualitas pelayanan keperawatan, supervisi Daftar Pustaka : 65 (2009-2018)

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: DR. NS. MERI NEHERTA, S. KEP, M. BIOMED
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 keperawatan keperawatan
Date Deposited: 26 Jul 2018 11:05
Last Modified: 26 Jul 2018 11:05
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/36394

Actions (login required)

View Item View Item