Analisis Dampak Lalu lintas Pada Ruas Jalan dan Simpang Prioritas Jalan Gunuang Juaro dan Jalan Gurun Laweh Akibat Rencana Perpindahan Aktivitas Sekolah Dasar Islam Terpadu Dar-El Iman Kota Padang

Zikri, Rusydi (2018) Analisis Dampak Lalu lintas Pada Ruas Jalan dan Simpang Prioritas Jalan Gunuang Juaro dan Jalan Gurun Laweh Akibat Rencana Perpindahan Aktivitas Sekolah Dasar Islam Terpadu Dar-El Iman Kota Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 5 Kesimpulan dan Saran)
Bab 5 Kesimpulan dan Saran.pdf - Published Version

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (242kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Yayasan pendidikan Dar El Iman saat ini beroperasi di dua lokasi yang berbeda. Yayasan ini berencana memindahkan lokasi SDIT Dar El Iman (tingkat 1 – 4) yang beralamat di Jalan Gajah Mada Dalam, Gang BPKP II Nanggalo, Kampung Olo, Nanggalo, Padang ke kawasan Islamic Center Dar El Iman yang merupakan lokasi SMPIT dan SDIT Dar El Iman (tingkat 5 – 6) dan beralamat di Surau Gadang, kecamatan Nanggalo, Padang. Perpindahan aktivitas SDIT Dar El Iman (tingkat 1 – 4) akan memberikan dampak lalu lintas pada ruas jalan dan simpang prioritas menuju kawasan Islamic Center Dar El Iman tersebut. Untuk itu perlu dilakukan suatu penelitian utnuk menganalisis dampak lalu lintas yang ditimbulkan akibat rencana perpindahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tarikan perjalanan menuju SDIT Dar El Iman (tingkat 1 – 4), kinerja ruas jalan akses masuk menuju kawasan Islamic Center Dar El Iman (jalan Gunuang Juaro) yang meliputi analisis terhadap kapasitas, volume lalu lintas, dan derajat kejenuhan akibat rencana perpindahan tersebut. Selain itu juga dianalisis kinerja simpang prioritas (volume lalu lintas, kapasitas, derajat kejenuhan, tundaan, dan peluang antrian) akses masuk menuju kawasan Islamic Center Dar El Iman (simpang prioritas Jalan Gunuang Juaro dan jalan Gurun Laweh). Jenis survey lalu lintas yang digunakan dalam penelitian ini adalah traffic counting (TC). Tarikan perjalanan di SDIT Dar El Iman (tingkat 1 – 4) adalah sebesar 222 skr/jam pada periode jam puncak yang terjadi pada pukul 6.35 – 7.35 WIB. Akibat perpindahan aktivitas SDIT Dar El Iman (tingkat 1 – 4), ruas jalan Gunuang Juaro yang memiliki kapasitas sebesar 871,2296 skr/jam diprediksi mengalami pertambahan volume lalu lintas dari 316,5 skr/jam menjadi 757,5 skr/jam pada periode jam puncak yang terjadi pada pukul 6.35-7.35 WIB. Sehingga nilai derajat kejenuhan berubah dari 0,36 menjadi 0,87. Untuk simpang prioritas jalan Gunuang juaro dan jalan Gurun Laweh diprediksi mengalami pertambahan volume lalu lintas dari 634,5 skr/jam menjadi 1250 skr/jam, kapasitas simpang meningkat dari 2609,678 skr/jam menjadi 2799,692 skr/jam, derajat kejenuhan simpang meningkat dari 0,24 menjadi 0,45, dan tundaan simpang meningkat dari 6,85 detik/smp dengan peluang antrian 1,16 % - 10,81 % menjadi 9,28 detik/smp dengan peluang antrian 0,91 % - 21,62%. Kata Kunci : Kinerja Ruas Jalan, Kinerja Simpang Prioritas, Tarikan Lalu Lintas Aktivitas Sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Yossyafra, Ph.D
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Fakultas Teknik > Sipil
Depositing User: s1 Teknik Sipil
Date Deposited: 25 Jul 2018 15:58
Last Modified: 25 Jul 2018 15:58
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/36118

Actions (login required)

View Item View Item