PENGARUH TERAPI MUROTTAL ALQURAN TERHADAP PERUBAHAN KECEMASAN DENTAL PADA REMAJA YANG DILAKUKAN PEMERIKSAAN MODIFIED PAPILLARY BLEEDING INDEX

Trisna, Dewi Avriany (2018) PENGARUH TERAPI MUROTTAL ALQURAN TERHADAP PERUBAHAN KECEMASAN DENTAL PADA REMAJA YANG DILAKUKAN PEMERIKSAAN MODIFIED PAPILLARY BLEEDING INDEX. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 (Pendahuluan))
BAB 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 7 (Penutup))
BAB 7 (Penutup).pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (273kB) | Preview
[img] Text
Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

PENGARUH TERAPI MUROTTAL ALQURAN TERHADAP PERUBAHAN KECEMASAN DENTAL PADA REMAJA YANG DILAKUKAN PEMERIKSAAN MODIFIED PAPILLARY BLEEDING INDEX Trisna Dewi Avriany, Nur Indrawati Lipoeto, Harfindo Nismal ABSTRAK Latar belakang : Kecemasan dental merupakan sumber masalah utama pada pelayanan kedokteran gigi yang digambarkan sebagai kegelisahan terhadap prosedur kedokteran gigi terutama pada remaja. Murottal Alquran merupakan psikoterapi dengan teknik distraksi melalui lantunan ayat-ayat Alquran yang berfungsi untuk mengalihkan perhatian dan menghilangkan rasa cemas. Tujuan : Mengetahui pengaruh terapi murottal Alquran terhadap penurunan kecemasan dental pada remaja yang dilakukan pemeriksaan modified papillary bleeding index Metode penelitian : Penelitian ini merupakan penelitian quasy experiment dengan pre-test and post-test with control group design. Penelitian ini dilaksanakan pada 7–11 Mei 2018. Responden penelitian ini yaitu 30 siswa SMKN 6 Padang yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi yang terdiri dari dua kelompok, yaitu kelompok perlakuan yang diberikan terapi murottal Alquran dan kelompok kontrol yang tidak diberikan terapi murottal Alquran. Pengukuran kecemasan dental melalui pemeriksaan tekanan darah sistolik, denyut nadi, dan tingkat respirasi. Pengolahan data menggunakan statistik SPSS dengan uji Mann-Whitney. Hasil : Rerata penurunan kecemasan dental pada kelompok perlakuan lebih tinggi daripada kelompok kontrol. Hasil uji Mann-Whitney menunjukkan terdapat perbedaan yang bermakna (p< 0,05) antara selisih rerata penurunan kecemasan dental pada kedua kelompok berdasarkan dari hasil pengukuran tekanan darah sistolik (p=0,025), denyut nadi (p=0,008), dan tingkat respirasi (p=0,011). Kesimpulan : Terapi murottal Alquran dapat menurunkan kecemasan dental pada remaja yang dilakukan pemeriksaan modified papillary bleeding index. Kata kunci: Kecemasan Dental, Murottal Alquran, Remaja, Modified Papillary Bleeding Index.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. dr. Nur Indrawati Lipoeto, M.Sc, Ph.D, Sp.GK
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: Fakultas Kedokteran Gigi
Depositing User: s1 pendidikan dokter gigi
Date Deposited: 25 Jul 2018 11:52
Last Modified: 25 Jul 2018 11:52
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/36019

Actions (login required)

View Item View Item