Abdurrahman, Abdurrahman (2018) HUBUNGAN ANTARA MOTIF DAN KEPUASAN FOLLOWERS PADA AKUN INSTAGRAM @INDONESIABERTAUHIDID. Diploma thesis, Universitas Andalas.
|
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version Download (237kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I (Pendahuluan))
BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version Download (462kB) | Preview |
|
|
Text (Bab 5 (Penutup))
BAB Akhir (Penutup).pdf - Published Version Download (142kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (220kB) | Preview |
|
Text (Tugas Akhir Full Text)
Tugas Akhir Ilmiah Utuh.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Akun @indonesiabertauhidid adalah salah satu akun yang aktif dalam penggunaan aplikasi instagram. Akun Instagram ini adalah salah satu akun yang saat ini memiliki jumlah follower lebih dari 300 ribu. Akun instagram @indonesiabertauhidid memiliki daya tarik sendiri terhadap pengguna instagram lainnya, yang mana berdasarkan data dari socialblade.com akun ini memiliki penambahan jumlah follower lebih dari 1000 follower setiap harinya. Akun ini menggunakan konten dakwah, politik dan info dunia Islam dalam setiap postingannya. Peneliti menggunakan teori uses and gratifications untuk melihat motif yang mendorong followers dalam memilih mengikuti media, dan mengukur tingkat kepuasan followers setelah mengikuti media tersebut, dan sebagai media apakah akun instagram @indonesiabertauhidid mampu memuaskan khalayaknya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode survey online dengan jumlah responden 100 orang dengan memanfaatkan fitur kuesioner online yang disediakan oleh Google Form. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik pengambilan sampel aksidental dan purposif. Analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi Spearman Rank. Hasil penelitian hubungan antara motif dan kepuasan folowers pada akun instagram @indonesiabertauhidid adalah: 1) Motif yang paling tinggi adalah motif informasi. 2) Kepuasan yang paling tinggi adalah kepuasan informasi. 3) Berdasarkan hasil uji mean antara kategori motif dan kepuasan, akun instagram @indonesiabertauhidid memberikan kepuasan kepada khalayaknya. 4) Terdapat hubungan yang kuat antara motif dan kepuasan dengan tingkat signifikansi 68%. Kata Kunci: Motif, Kepuasan, Uses & Gratifications, Instagram CORRELATION BETWEEN MOTIVE AND GRATIFICATION OF FOLLOWERS OF INSTAGRAM ACCOUNT @INDONESIABERTAUHIDID By : Abdurrahman 1210862022 Supervisors : Yayuk Lestari, MA Rinaldi, M.I.Kom Account of @indonesiabertauhidid is the one of account that active using application that named Instagram. This Instagram account has followers that more than 300 thousand anothers instagram account that follow this account until now. @Indonesiabertauhidid account has typical fascination for another user of Instagram, which is based on data of socialblade.com that this account has addition follower even than 1000 followers in a day. This account use content like dakwah (the proselytizing or preaching of Islam), politic and info about Islam in every the post. Researcher use theory uses and gratifications to see reason that make the followers of @indonesiabertauhidid account instagram in the case to choose them to follow media, and parameterize level of gratification from the followers after follow the account, and as the tool that proof that @indonesiabertauhidid can gratification the followers. The methodology in this research is used quantitative method. The technique uses the method survey data collection online with number of the respondents 100 people by making use of the questionnaire features online that provided by Google Form. Meanwhile, technic for taking the sample is used technic of taking sample axidental and purposive. Analysis of the data used correlation analysis Spearman Rank. So, the result of research about correlation correlation between motive and gratification of the followers Instagram account @indonesiabertauhidid that are: 1) The highest motive is as the information. 2) The highest gratification is Satisfication of information. 3) Based on test result mean between category of motive and gratification, Instagram account of @indonesiabertauhidid give gratification for the followers. 4) There is strong correlation between motive and gratification with level signification 68%. Key Words: Motive, Gratification, Uses & Gratifications, Instagram
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Yayuk Lestari, MA |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | s1 ilmu komunikasi |
Date Deposited: | 26 Jul 2018 09:32 |
Last Modified: | 26 Jul 2018 09:32 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/36009 |
Actions (login required)
View Item |