HUBUNGAN ANTARA PERILAKU BULLYING DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA REMAJA DI SMK KOSGORO 1 PADANG TAHUN 2018

Nurhayati, Susan Dini (2018) HUBUNGAN ANTARA PERILAKU BULLYING DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA REMAJA DI SMK KOSGORO 1 PADANG TAHUN 2018. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
Bab I.pdf - Published Version

Download (399kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab VII)
Bab VII.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (319kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Berdasarkan survei Trends in International Mathematics and Science Study (TIMSS) pada tahun 2015 diketahui bahwa prestasi belajar siswa Indonesia di bidang matematika dan sains berada pada urutan ke 45 dari 48 negara. Prestasi belajar dapat dipengaruhi lingkungan sekolah yaitu hubungan siswa dengan teman sebaya dan senior yang tidak baik dapat memicu perilaku bullying. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan perilaku bullying dengan prestasi belajar pada remaja SMK Kosgoro 1 Padang Tahun 2017. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional study. Penelitian dilaksanakan pada bulan November 2017 sampai dengan Juni 2018. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X dan XII dengan jumlah 166 orang dan diambil dengan teknik proportionate random sampling. Alat pengumpulan data adalah kuesioner perilaku bullying dan lembar observasi berupa nilai rapor. Data dianalis dengan menggunakan uji statistik Chi-Square. Hasil penelitian menunjukkaan bahwa lebih dari separuh (59,6%) remaja menjadi pelaku bullying rendah, hampir separuh (44,6%) remaja menjadi korban bulying tinggi dan lebih dari separuh (53,6%) remaja memiliki nilai tidak tuntas. Hasil analisis didapatkan bahwa ada hubungan antara pelaku bullying dengan prestasi belajar dengan nilai p=0,010 dan ada hubungan antara korban bullying dengan prestasi belajar dengan nilai p=0,000. Diharapkan kepada pihak sekolah dapat mendeteksi secara dini dampak perilaku bullying terhadap pelaku seperti tindakan-tindakan kriminal dan korban seperti kecemasan dan gangguan kesehatan mental remaja di SMK Kosgoro 1 Padang. Daftar Pustaka : 66 (2003-2018) Kata kunci : Perilaku Bullying, Prestasi Belajar dan Remaja

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ns. Hermalinda, M.Kep, Sp.Kep.An
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 23 Jul 2018 14:35
Last Modified: 23 Jul 2018 14:35
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/35467

Actions (login required)

View Item View Item