ANALISIS KEMAMPUAN PROFESI PERAWAT DALAM BERKOMUNIKASI TERAPEUTIK DAN HUBUNGANNYA DENGAN KEPUASAN PASIEN DI RUMAH SAKIT dr RIVAI ABDULLAH PALEMBANG TAHUN 2018

Isrizal, Isrizal (2018) ANALISIS KEMAMPUAN PROFESI PERAWAT DALAM BERKOMUNIKASI TERAPEUTIK DAN HUBUNGANNYA DENGAN KEPUASAN PASIEN DI RUMAH SAKIT dr RIVAI ABDULLAH PALEMBANG TAHUN 2018. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (COVER & ABSTRAK)
cover repository.pdf - Published Version

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text (PENDAHULUAN)
BAB 1 repo.pdf - Published Version

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text (PENUTUP)
BAB 7 repo.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA repo.pdf - Published Version

Download (200kB) | Preview
[img] Text (TESIS FULLTEXT)
TUGAS AKHIR ILMIAH UTUH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Komunikasi teraupetik antara perawat dengan pasien dilakukan ketika perawat memberikan asuhan keperawatan. Komunikasi terapeutik diperlukan untuk mempercepat pemulihan dan penyembuhan pasien.komunikasi perawat yang tidak baik akan mempengaruhi kepuasan pasien artinya pasien tidak akan merasa puas dengan pelayanan yang diberikan apabila komunikasi dari perawat itdak baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan profesi perawat dalam berkomunikasi teraupetik dan hubungannya dengan kepuasan pasien di Rumah Sakit dr Rivai Abdullah Palembang. Desain penelitian yang digunakan adalah menggunakan survey deskriptif inferensial dengan pendekatan cross sectional. Penelitian ini melibatkan 55 pasien yang di rawat inap sebagai sampel. Analisis ini menggunakan univariat dan bivariat. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa tidak ada hubungan antara kemampuan profesi perawat dalam komunikasi teraupetik dengan kepuasan pasien dengan p Value 0,428, dan kemampuan profesi perawat dalam komunikasi teraupetik pada fase orientasi dengan kepuasan pasien p Value 0,348 Lebih besar dari α = 0.05 yang berarti Ho = ditolak, sebaliknya tidak hubungan anatara kemampuan profesi perawat dalam komunikasi terapeutik pada fase kerja p value 0.011 dan fase terminasi p value 1.000 dengan kepuasan pasien. Saran diharapkan kepada perawat ruangan rawat inap agar dapat mengoptimalkan pelaksanaan komunikasi terapeutik melalui kegiatan pelatihan, mensosialisasi kembali tentang SOP asuhan keperawatan dan pentingnya dalam pelaksanaan komunikasi terapeutik. Kata Kunci : Komunikasi Teraupetik Perawat, Kepuasan Pasien Daftar Pustaka: 73 (2008-2017)

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Meri Neherta, M.Biomed
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 keperawatan keperawatan
Date Deposited: 19 Jul 2018 14:05
Last Modified: 19 Jul 2018 14:05
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/35289

Actions (login required)

View Item View Item