Faktor Yang Berhubungan Dengan Keluhan Subjektif Low Back Pain Pada Mahasiswa Co-ass Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Andalas

Syafira, Salsabila Ryantono (2018) Faktor Yang Berhubungan Dengan Keluhan Subjektif Low Back Pain Pada Mahasiswa Co-ass Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Andalas. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 (Pendahuluan))
BAB I (PENDAHULUAN).pdf - Published Version

Download (372kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab Akhir (Kesimpulan))
BAB Akhir (Kesimpulan).pdf - Published Version

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Tugas Akhir Ilmiah Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT UNIVERSITAS ANDALAS Skripsi, 9 Mei 2018 SYAFIRA SALSABILA RYANTONO, No.BP. 1511216031 FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KELUHAN SUBJEKTIF LOW BACK PAIN PADA MAHASISWA CO-ASS FAKULTAS KEDOKTERAN GIGI UNIVERSITAS ANDALAS viii + 59 halaman, 15 tabel, 7 gambar, 5 lampiran ABSTRAK Tujuan Penelitian Nyeri pinggang (low back pain), yaitu keluhan rasa nyeri, ketegangan otot di daerah pinggang yang terjadi akibat stress fisik yang berlebihan, ditemukan 66,9% dokter gigi mengalami musculoskeletal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang berhubungan dengan keluhan subjektif low back pain pada mahasiswa co-ass fakultas kedokteran gigi universitas andalas. Metode Penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional yang dilakukan di Rumah Sakit Gigi dan Mulut Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Andalas pada bulan Januari sampai Juni 2018 dengan jumlah populasi 191 orang dan sampel 64 orang. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan metode simple random sampling. Dianalisis dengan uji Chi Square dengan tingkat kepercayaan 95% dan a = 0,05. Hasil Hasil penelitian dari 64 responden diketahui bahwa responden yang mengalami keluhan subjektif low back pain 93,8%, responden dengan postur tubuh yang beresiko 90,6%, responden dengan beban kerja sedang 53,1% dan responden dengan indeks massa tubuh yang beresiko 82,8%. Faktor yang berhubungan dengan keluhan subjektif low back pain adalah postur tubuh dengan p value = 0,041, sedangkan faktor yang tidak berhubungan dengan keluhan subjektif low back pain adalah beban kerja dengan p value = 0,333 dan indeks massa tubuh dengan p value = 0,539. Kesimpulan Adanya hubungan yang signifikan antara postur tubuh dengan keluhan subjektif low back pain pada mahasiswa co-ass fakultas kedokteran gigi universitas andalas, untuk itu diperlukan perbaikan sikap tubuh mahasiswa co-ass yang sesuai dengan ergonomi kerja. Daftar Pustaka : 34 (1996 – 2017) Kata Kunci : low back pain, postur tubuh, beban kerja dan IMT.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: NIZWARDI AZKHA, SKM, MPPM, M.Pd, M.Si
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 17 Jul 2018 15:29
Last Modified: 17 Jul 2018 15:29
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/35166

Actions (login required)

View Item View Item