Glorifikasi pada Instagram Pageant Sumatera Barat

Raka, Maulana (2018) Glorifikasi pada Instagram Pageant Sumatera Barat. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version

Download (442kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V PENUTUP Kesimpulan dan Saran)
BAB AKHIR (V).pdf - Published Version

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pstaka.pdf - Published Version

Download (265kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pageant Sumatera Barat dalam memenuhi konsep 3B (Brain, Beauty, and Behavior) yang salah satu caranya adalah mencerminkan hal tersebut lewat penggunaan media sosial khususnya instagram. Untuk membentuk sebuah konsep diri yang terlihat baik dan tidak memiliki celah atau disebut glorifikasi dan mendukung pelaksanaan konsep 3B tersebut, maka pageant Sumatera Barat melakukan manajemen kesan pada pengelolan instagramnya Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme dengan pendekatan kualitatif yang dianalisis dengan analisis coding. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana pageant Sumatera Barat melaksanakan manajemen kesan untuk membentuk glorifikasi pageant Sumatera Barat pada instagramnya. Penelitian ini menggunakan Teori Dramaturgi oleh Erving Goffman yang melihat sisi front stage, back stage dan melihat strategi manajemen kesan. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa pageant Sumatera Barat membentuk sebuah konsep diri yang terlihat baik di mata pengikutnya di instagram. Terlihat baik disini maksudnya adalah baik secara otak, tampilan dan perilaku. Front Stage pageant Sumatera Barat dirancang sedemikian rupa seperti pengaturan feed yang menarik, postur tubuh yang terlihat bagus, mengunggah foto perjalanan dinas dan aksi. Pada Back Stage pageant Sumatera Barat, penelitian ini menemukan fakta bahwa terdapat beberapa pageant Sumatera Barat yang terbukti merupakan bagian dari golongan Lesbian, Biseksual, Gay dan Transgender (LGBT) dimana hal ini tidak sesuai dengan Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah. Selain masalah orientasi seksual pagant Sumatera Barat, permainan kontrak dari institusi yang menanugi juga mempengaruhi bagaimana citra diri yang ditampilkan oleh seorang pageant Sumatera Barat khususnya di instagram. Strategi manajemen kesan dapat berupa pujian, amarah, rasa tidak sanggup, kegalauan, prestasi dan apresiasi pada pengguna instagram lainnya. Kata Kunci: Pageant Sumatera Barat, Glorifikasi, Dramaturgi, Front Stage, Back Stage, Strategi Manajemen Kesan

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ernita Arif, M.Si
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: s1 ilmu komunikasi
Date Deposited: 16 Jul 2018 11:51
Last Modified: 16 Jul 2018 11:51
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/35095

Actions (login required)

View Item View Item