Hubungan Efikasi diri dan Makna Hidup dengan Kepatuhan Pengobatan Antitrotroviral Therapy (ART) Pada Lelaki Seks Lelaki Seropositif HIV di Yayasan Teratak Jiwa Hati Sumatera Barat

Yafi, Sabila Rosyad (2018) Hubungan Efikasi diri dan Makna Hidup dengan Kepatuhan Pengobatan Antitrotroviral Therapy (ART) Pada Lelaki Seks Lelaki Seropositif HIV di Yayasan Teratak Jiwa Hati Sumatera Barat. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan abtrack)
Cover.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Penutup)
BAB 7.pdf - Published Version

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (293kB) | Preview
[img] Text (Tesis Full)
Tesis_Yafi_Sabila_Rosyad_1621312031.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pengobatan antriretroviral berfungsi untuk mencegah berkembangnya virus HIV. Untuk mencegah berkembangnya virus dan resistensi obat dibutuhkan tingkat kepatuhan terhadap ART lebih dari 95%. Ketidakpatuhan dalam menjalani terapi ART dapat dipengaruhi oleh efikasi diri terhadap ART dan pemaknaan hidup orang dengan HIV/AIDS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengeksplorasi hubungan efikasi diri dan makna hidup dengan tingkat kepatuhan pengobatan antiretroviral terapi (ART) pada lelaki seks lelaki seropositif HIV. Desain penelitian menggunakan mixed method melalui pendekatan eksplanatori sequensial desain. Besar sampel 102 lelaki seks lelaki seropositif HIV yang diambil dengan total sampling. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah HIV-ASES kuseioner, MLQ, dan Morisky-8 scale dengan analisis data menggunkan pendekatan chi-squere dan methode the concept content cognitive maps (3CM) dengan pendekatan konten analisi. Hasil penelitian ini adalah 88,2% LSL memiliki efikasi diri terhadap ART, 64,7 % memiliki hidup yang bermakna, 57,8 % patuh dalam menjalani ART. Terdapat hubungan secara signifikan antara efikasi diri dengan kepatuhan ART p (0,001) dengan teridentifikasi beberapa aspek yang terkait dengan hubungan efikasi diri dan kepatuhan ART yaitu pengetahuan, psikologis, motivasi, gaya hidup, efek samping, dan manfaat ARV. Terdapat hubungan yang signifikan antara makna hidup dengan kepatuhan ART p (0,000) dengan teridentifikasi beberapa aspek yang terkait hubungan makna hidup dan kepatuhan ART yaitu spiritual, gaya hidup, psikologis, tujuan hidup, pencapaian hidup, pengetahuan, dan motivasi. Peneliti menyarankan untuk melakukan kegiatan monitoring kepatuhan dan melakukan deteksi dini tentang keyakinan terhadap ARV dan makna hidup. Kata kunci : Kepatuhan ART, Efikasi diri, Makna hidup, Cognitive maps,Motivasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: HEMA MALINI, SKp.MN.PhD
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 keperawatan keperawatan
Date Deposited: 11 Jul 2018 16:02
Last Modified: 11 Jul 2018 16:02
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/34988

Actions (login required)

View Item View Item