Hubungan Penggunaan Smartphone Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 2 Padang

Muhammad, Fathurrahman Sjahroel (2018) Hubungan Penggunaan Smartphone Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 2 Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABTRAK.pdf - Published Version

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB Akhir)
BAB AKHIR.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penggunaan smartphone berkembang seiring berkembangnya teknologi. Perkembangan tersebut membawa perubahan, dari fungsi dasar hingga gaya hidup. Penggunaan yang wajar meningkatkan produktitas, sementara penggunaan yang berlebihan membuat kecanduan dan mempengaruhi banyak hal, salah satunya hasil belajar pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara penggunaan smartphone dengan hasil belajar siswa SMA Negeri 2 Padang. Penelitian ini dilakukan di SMAN 2 Padang pada akhir Maret hingga awal April 2018 dengan sampel 158 siswa kelas XI yang telah memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Variabel hasil belajar dilihat dari nilai mid semester ganjil TA 2017/2018. Uji statistik menggunakan uji chi-square. Hasil penelitian didapatkan angka pengguna smartphone lebih banyak pada perempuan (57%) daripada laki-laki (43%). Pemakaian smartphone berdasarkan frekuensi dominan pada rentang 11-20 kali (30,9 %) dan total durasi 3-4 jam (42,4 %) dalam sehari. Interval dari bangun tidur untuk menggunakan smartphone pertama kali <5 menit (41,1 %). Smartphone secara dominan digunakan untuk berkomunikasi, mengirim pesan dan akses media sosial (67,1 %), namun aktivitas yang menghentikan penggunaannya adalah beribadah (42,4 %). Tingkat kecanduan smartphone adalah 42,4 %. Sementara itu, hasil belajar siswa cenderung berada pada kategori cukup (79,1 %). Analisis bivariat memperlihatkan hubungan yang tidak signifikan antara kecanduan smartphone dengan hasil belajar (p=0,26) Kata kunci: hasil belajar, kecanduan smartphone, penggunaan smartphone.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. dr. Adnil Edwin Nurdin, Sp. KJ
Subjects: R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 25 Jun 2018 15:13
Last Modified: 25 Jun 2018 15:13
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/34861

Actions (login required)

View Item View Item