Pemanfaatan Ekstrak Daun Binahong (Anredera cordifolia (Ten.) Steenis.) dan Ekstrak Cassiavera (Cinnamomum burmanni) dalam Bentuk Tablet Effervescent dan Pengaruhnya Terhadap Penurunan Kadar Glukosa Darah Mencit Diabetes

Delvia, Nisti (2018) Pemanfaatan Ekstrak Daun Binahong (Anredera cordifolia (Ten.) Steenis.) dan Ekstrak Cassiavera (Cinnamomum burmanni) dalam Bentuk Tablet Effervescent dan Pengaruhnya Terhadap Penurunan Kadar Glukosa Darah Mencit Diabetes. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAPUS.pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview
[img] Text (skripsi full)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perbedaan konsentrasi ekstrak daun binahong dan ekstrak cassiavera terhadap sifat fisik, kimia dan organoleptik tablet effervescent, mengetahui pengaruh pemberian minuman tablet effervescent terbaik terhadap penurunan kadar glukosa darah mencit diabetes yang diinduksi aloksan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL). Perlakuan dalam penelitian ini yaitu penambahan serbuk ekstrak daun binahong (5%, 10%, 15%, 20% dan 25%) dan 3 kali ulangan. Data dianalisis secara statistik dengan menggunakan Analysis of Varian (ANOVA) dan dilanjutkan dengan Duncan’s New Multiple Range Test (DNMRT) pada taraf 5%. Hasil penelitian menunjukkan penambahan konsentrasi eksrak daun binahong berpengaruh terhadap waktu larut tablet, kekerasan tablet, kerapuhan tablet, kadar air, aktivitas antioksidan, flavonoid dan polifenol serta tidak berpengaruh terhadap ketebalan tablet, diameter tablet dan pH larutan tablet. Produk terbaik pada penelitian ini yaitu pada perlakuan E (Penambahan ekstrak binahong 25% dan ekstrak cassiavera 0,2%) berdasarkan sifat fisik, kimia dan organoleptik. Pemberian tablet effervescent pada mencit diabetes diberi perlakuan selama 21 hari terjadi penurunan kadar glukosa sampai dengan 50%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Fauzan Azima, MS
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: s1 tekhasilpertanian fateta
Date Deposited: 18 May 2018 12:32
Last Modified: 18 May 2018 12:32
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/34690

Actions (login required)

View Item View Item