FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KUALITAS HIDUP PASIEN DIABETES MELLITUS DENGAN ULKUS DIABETIKUM DI RSUP DR. M. DJAMIL PADANG

Resy, Purnama Sari (2018) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KUALITAS HIDUP PASIEN DIABETES MELLITUS DENGAN ULKUS DIABETIKUM DI RSUP DR. M. DJAMIL PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VII)
BAB VII.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (184kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Perawatan penderita diabetes mellitus dengan ulkus diabetikum hanya lebih memperhatikan keadaan fisik, pencegahan, keteraturan diet, kontrol gula darah, obat-obatan serta pemenuhan dimensi lingkungan, sementara bagaimana pemenuhan dimensi lainnya masih kurang diperhatikan, hal ini berkaitan dengan tinggi atau rendahnya kualitas hidup pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas hidup pasien diabetes mellitus dengan ulkus diabetikum di RSUP Dr. M. Djamil Padang tahun 2017 dengan desain deskriptif korelasi dengan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian ini adalah 60 responden yang diambil berdasarkan kriteria inklusi dengan menggunakan teknik purpose sampling. Alat ukur yang digunakan adalah kuesioner. Penelitian ini menggunakan analisa univariat dan bivariat dengan uji statistik Chi- Square. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya hubungan antara lain: karakteristik respon (umur, pendidikan, dan status ekonomi), lama menderita, komplikasi, derajat luka dan kecemasan dengan kualitas hidup pasien diabetes mellitus dengan ulkus diabetikum dan yang tidak ada hubungan yaitu: karakteristik responden (jenis kelamin, status pernikahan, dan pekerjaan). Penelitian ini menyarankan agar petugas kesehatan lebih memperhatikan dimensi yang berkaitan dengan kualitas hidup dan bagi pasien diabetes mellitus dengan ulkus diabetikum senantiasa mengontrol kadar gula darah agar tidak memperburuk keadaan luka ulkus diabetikum sehingga kualitas hidup akan semakin membaik Kata Kunci: Diabetes Mellitus, Kualitas Hidup, Ulkus Diabetikum Daftar Bacaan: 63 (2004-2014)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Hema Malini, S.Kp, MN, PhD
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 11 May 2018 16:22
Last Modified: 11 May 2018 16:22
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/34028

Actions (login required)

View Item View Item