KOMUNIKASI PROMOSI OLEH DINAS PARIWISATA PROVINSI SUMATERA BARAT SEBAGAI UPAYA MENUJU DESTINASI WISATA HALAL DUNIA

Ningsya, Syafitri (2018) KOMUNIKASI PROMOSI OLEH DINAS PARIWISATA PROVINSI SUMATERA BARAT SEBAGAI UPAYA MENUJU DESTINASI WISATA HALAL DUNIA. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (459kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version

Download (326kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5 Penutup)
BAB V pdf.pdf - Published Version

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (400kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
pdf ful text upload ningsya.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Komunikasi promosi adalah proses sosial yang terjadi dalam masyarakat, dimana terjadi pertukaran pesan dan nilai-nilai, serta mentransfer informasi kepada khalayak. Wisata Halal adalah sebuah tajuk pariwisata baru yang sedang dikembangkan oleh Provinsi Sumatera barat saat ini, untuk itu Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat selaku perangkat pemerintah daerah dalam bidang kepariwisataan yang berfungsi untuk melakukan kegiatan promosi wisata halal Sumatera Barat menuju destinasi wisata halal dunia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kegiatan promosi wisata halal oleh Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat menuju destinasi wisata halal dunia, kemudian mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat yang dihadapi dalam melakukan promosi, kegiatan promosi dibedah dengan menggunakan teori promotion mix. Metode Penelitian adalah deskriptif-kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di kantor Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat. Dalam penelitian ini, informan penelitian berasal dari bidang Pengembangan Destinasi dan Brand Pariwisata. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa Dinas Pariwisata melakukan keseluruhan kegiatan dalam bauran promosi, ada lima kegiatan dalam bauran promosi yaitu periklanan, pemasaran langsung, publisitas/hubungan masyarakat, promosi penjualan, dan penjualan personal/tatap muka. Namun dari kelima bauran promosi, ada satu kegiatan yaitu pemasaran langsung dilakukan kurang optimal dan kegiatan yang paling banyak dilakukan adalah pada periklanan dan publisitas/hubungan masyarakat. Faktor pendukung dalam melakukan kegiatan promosi yaitu tingginya antusiasme masyarakat, adanya kemauan dalam kerjasama dengan pemerintah dalam legalisasi halal serta kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi, sedangkan faktor penghambat yang dihadapi yakni kurangnya hospitality masyarakat, masalah sampah, lambatnya proses legalisasi halal dan keterbatasan anggaran. Kata Kunci : Wisata Halal, Bauran Promosi, Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Yesi Puspita, M.Si
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: s1 ilmu komunikasi
Date Deposited: 27 Apr 2018 15:19
Last Modified: 27 Apr 2018 15:19
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/33226

Actions (login required)

View Item View Item