Hubungan Self-directed Learning Readiness dengan Kelulusan Ujian Tulis Blok Semester Pertama pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Andalas Angkatan 2017

Fitria, Syafrina (2018) Hubungan Self-directed Learning Readiness dengan Kelulusan Ujian Tulis Blok Semester Pertama pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Andalas Angkatan 2017. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (absrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 7 Penutup)
BAB 7 Penutup.pdf - Published Version

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Fakultas Kedokteran Universitas Andalas (FK Unand) telah menerapkan metode pembelajaran Problem Based Learning sejak tahun 2004. Untuk mencapai keberhasilan pembelajaran diperlukan faktor internal yang mendukung secara efektif salah satunya adalah self-directed learning readiness (SDLR) atau kesiapan belajar mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan SDLR dengan kelulusan ujian tulis blok semester pertama pada mahasiswa FK Unand angkatan 2017. Penelitian ini bersifat analitik dengan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian berjumlah 190 orang mahasiswa FK Unand angkatan 2017 tahun ajaran 2017/2018 yang diambil dengan metode total sampling. Skor SDLR mahasiswa diukur dengan kuesioner self-directed learning readiness scale (SDLRS), sedangkan kelulusan blok mahasiswa diketahui dari lembar pernyataan yang diisi oleh mahasiswa. Data dianalisis dengan uji statistik chi-square. Hasil penelitian didapatkan mahasiswa dengan skor SDLR tinggi sebanyak 111 (58,4%) orang, sedangkan skor SDLR sedang sebanyak 79 (41,6%) orang, dan tidak ditemukan mahasiswa dengan skor rendah. Sementara itu, kelulusan ujian tulis blok 1.1 berjumlah 181 (95,3%) orang dan kelulusan ujian tulis blok 1.2 berjumlah 125 (65,8%) orang. Hasil tabulasi silang menunjukkan mahasiswa yang memiliki SDLR tinggi dan lulus 2 blok berjumlah 74 (38,9%) orang. Dari hasil analisis tidak terdapat hubungan yang bermakna antara self- directed learning readiness dengan kelulusan ujian tulis blok semester pertama dengan nilai p = 1,00. Kesimpulan penelitian ini adalah didapatkan distribusi frekuensi SDLR mahasiswa tinggi dengan kelulusan ujian tulis blok yang cukup tinggi. Analisis bivariat menunjukkan tidak terdapat hubungan yang bermakna antara SDLR dengan kelulusan ujian tulis blok semester pertama. Kata kunci : Problem-based learning, student-centered learning, self-directed learning

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: dr. Yulistini, M. Med. Ed
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 21 Mar 2018 11:47
Last Modified: 21 Mar 2018 11:47
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/32752

Actions (login required)

View Item View Item