PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN OLEH BADAN PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN (BPSK) KOTA BUKITTINGGI PERKARA NOMOR 08/BPSK/PERKARA/X/2016 DALAM PERJANJIAN LEASING

Oska, Vadela (2017) PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN OLEH BADAN PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN (BPSK) KOTA BUKITTINGGI PERKARA NOMOR 08/BPSK/PERKARA/X/2016 DALAM PERJANJIAN LEASING. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover+ Abstrak)
Cover+Abstrak.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab I)
BAB-I.pdf - Published Version

Download (574kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab iv)
BAB-akhir.pdf - Published Version

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
DAFTAR-KEPUSTAKAAN.pdf - Published Version

Download (181kB) | Preview
[img] Text (skripsi full text)
skripsi fix.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Setiap orang menginginkan peningkatan dalam taraf hidupnya yang dapat dilakukan dengan kegiatan-kegiatan yang produktif. Untuk memenuhi hal tersebut dibutuhkan alat transportasi terutama yang berjenis kendaraan bermotor, namun untuk memenuhi hal tersebut banyak masyarakat yang mengalami keterbatasan dana untuk pembelian tunai seperti mobil. Bank sebagai lembaga keuangan ternyata mengalami keterbatasan dalam hal memenuhi kebutuhan dana masyarakat. Banyaknya kendala oleh bank maka dibutuhkan lembaga keuangan lain sebagai sumber dana alternative, contohnya lembaga pembiayaan yang merupakan salah satu sumber dana alternatif yang menawarkan bentuk-bentuk baru dalam pemberian dana, diantaranya dalam bentuk leasing. Salah satu bentuk lembaga pembiayaan tersebut ialah ACC, dimana dalam prakteknya terdapat penggunaan jasa leasing. Leasing dianggap sering merugikan konsumen, untuk mengatasi permasalahan tersebut, terdapat adanya lembaga perlindungan konsumen yakni BPSK. Dalam hal ini permasalahan leasing antara pelaku usaha dengan konsumen terjadi antara pihak ACC dengan Eci dalam hal pembelian mobil. Pihak konsumen merasa dirugikan oleh pelaku usaha yang mengakibatkan pihak konsumen mengajukan gugatan kepada BPSK Kota Bukittinggi agar permasalahannya selesai. Dalam penyelesaian permasalahan leasing ini tentu melewati berbagai proses yang akan penulis kaji lebih runtun dan sesuai dengan peraturan perundang-undangan , sehingga melahirkan suatu putusan yang dikeluarkan oleh pihak BPSK Kota Bukittinggi. Dalam proses penyelesaian sengketa konsumen di BPSK Kota Bukittinggi tentu timbul kendala-kendala karena terkadang apa yang terjadi dilapangan berbeda dengan yang ditetapkan Undang-undang untuk akan perlu dikaji dan dianalis kendala-kendala tersebut. Oleh karena itu, agar peraturan perundang-undangan tentang penyelesaian atau perlindungan konsumen sebaiknya direvisi sehingga pada proses penyelesaian sengketa konsumen tidak memunculkan tanda tanya dan keraguan karena adanya Undang – Undang yang saling bertentangan. Serta pihak konsumen sendiri harus lebih berhati – hati lagi dalam melakukan suatu perjanjian kepada pelaku usaha seperti perjanjian leasing agar tidak terjadi permasalahan hukum . Keyword : Sengketa konsumen, perjanjian leasing

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: H. Syahrial Razak, S.H., M.H
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 06 Feb 2018 15:45
Last Modified: 06 Feb 2018 15:45
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/31946

Actions (login required)

View Item View Item