ARUAN, SYAH BINTANG (2017) DESAIN TUNE MASS DAMPER PADA JEMBATAN GANTUNG PENDESTRIAN DI KELURAHAN GUNUNG SARIK. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.
|
Text (Cover dan Abstrak)
cover + Abstrak.pdf - Published Version Download (536kB) | Preview |
|
|
Text (PENDAHULUAN)
BAB I.pdf - Published Version Download (349kB) | Preview |
|
|
Text (PENUTUP)
BAB VI.pdf - Published Version Download (187kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (162kB) | Preview |
|
Text (TUGAS AKHIR FULL TEXT)
SYAH BINTANG ARUAN (1310922068 ).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Faktor kenyamanan jarang menjadi perhatian dalam mendesain sebuah jembatan. Banyak jembatan dikota padang yang bergoyang saat dilalui kendaraan terutama pada jembatan gantung, salah satu jembatan gantung yang berada dikota padang adalah Jembatan Gantung Di Kelurahan Gunung Sarik. Jembatan yang bergoyang disebabkan oleh getaraan akibat beban dninamis sperti angin, gempa dan kendaraan yang melintas. Pemasangan TMD pada sebuah jembatan dapat mengurangi getaran pada jembatan. Permodelan dan analisis jembatan dilakukan dengan bantuan software SAP2000 V19. Tujuan penilitan ini adalah untuk mendesain TMD yang terbaik bagi jembatan gantung yang berlokasi Di Kelurahan Gunung Sarik. TMD didesain dengan sistem pasif dan berjenis TMD transional yang hanya dapat bergerak pada satu arah, dalam kasus ini yaitu arah vertikal atau serah sumbu Z. Massa TMD digunakan sebesar 4 % dari berat total struktur jembatan, kekakuan TMD dihitung berdasarkan frekuensi Jembatan pada mode 1 hasil modal analisis. Analisis penempatan TMD terbaik dilakukan dengan melakukan pengujian terhadap tiga penempatan yang berbeda yaitu hanya pada seperempat bentang, hanya pada tengah bentang dan pada tengah dan seperempat bentang. Pemasangan TMD menyebabkan peningkatan frekuensi pada jembatan hingga sebesar 85.45 %. TMD menyebabkan peningkatan persentase rata-rata perpindahan pada arah sumbu X hingga sebesar 2.39 % dan pada arah sumbu Y hinga sebesar 2.52 %. TMD dapat mengurangi persentase rata-rata perpindahan hingga sebesar 75.58 %. Kata Kunci : Jembatan Gantung, Tune Mass Damper
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Febrin Anas Ismail,DR.Eng |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Sipil |
Depositing User: | s1 Teknik Sipil |
Date Deposited: | 27 Oct 2017 11:15 |
Last Modified: | 27 Oct 2017 11:15 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/31110 |
Actions (login required)
View Item |