ANALISIS PEMILIHAN MODA BUS TRANS PADANG DENGAN ANGKUTAN KOTA DI KOTA PADANG MENGGUNAKAN TEKNIK STATED PREFERENCE

EVI, NOVITA SARI (2017) ANALISIS PEMILIHAN MODA BUS TRANS PADANG DENGAN ANGKUTAN KOTA DI KOTA PADANG MENGGUNAKAN TEKNIK STATED PREFERENCE. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Kesimpulan dan Saran)
BAB V Penutup.pdf - Published Version

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Kepustakaan)
DAFTAR KEPUSTAKAAN.pdf - Published Version

Download (379kB) | Preview
[img] Text (TA full text)
EVI NOVITA SARI 1310921009.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Pemilihan moda merupakan model yang penting dalam perencanaan transportasi angkutan umum. Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah adalah dengan menyediakan moda transportasi Trans Padang yang bebas hambatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pemilihan moda, membuat model utilitas dan probabilitas serta melihat sensitivitas pelaku perjalanan. Pemilihan moda dirancang dengan teknik stated preference dengan 2 level atribut. Desain eksperimen melalui kombinasi fractional factorial design menghasilkan 4 alternatif kondisi pelayanan. Salah satu hasil survei terhadap karakteristik sosio ekonomi responden menunjukkan bahwa 48% responden berpenghasilan kurang dari Rp 500.000. Analisis data stated preference menghasilkan model Y = 1,310 – 0,001X1 + 0,020X2 – 0,039X3 dengan R2 = 0,134, dimana Y selisih utilitas antara Trans Padang dan angkot, X1 (selisih biaya), X2 (selisih waktu tempuh), dan X3 (selisih waktu tunggu). Semakin besar selisih nilai utilitas maka akan semakin besar probabilitas pemilihan moda Trans Padang. Hasil uji sensitivitas terhadap atribut biaya, waktu tempuh, dan waktu tunggu memperlihatkan arah kemiringan garis negatif, yang berarti semakin kecil selisih perbedaan ketiga atribut maka akan semakin memperbesar probabilitas memilih Trans Padang. Dari hasil uji sensitivitas tersebut didapatkan bahwa atribut biaya yang paling sensitif terhadap pemilihan moda, yaitu sebesar 42,85% mengalami perubahan pemilihan probabilitas akibat penambahan biaya sebesar Rp 1500. Kata kunci : Pemilihan moda, Stated Preference, model utilitas

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: HENDRA GUNAWAN, MT
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Fakultas Teknik > Sipil
Depositing User: s1 Teknik Sipil
Date Deposited: 25 Oct 2017 11:52
Last Modified: 25 Oct 2017 11:52
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/30711

Actions (login required)

View Item View Item