STUDI FENOMENOLOGI:BUDAYA KESELAMATAN PASIEN DARI PERSPEKTIF KEPALA RUANGAN INSTALASI RAWAT INAP DI RSUD RADEN MATTAHER JAMBI

Afrida, waty (2017) STUDI FENOMENOLOGI:BUDAYA KESELAMATAN PASIEN DARI PERSPEKTIF KEPALA RUANGAN INSTALASI RAWAT INAP DI RSUD RADEN MATTAHER JAMBI. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1 pendahuluan)
bab 1.pdf - Published Version

Download (391kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 3 kesimpulan)
kesimpulan.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (316kB) | Preview
[img] Text (Tesis full text)
tesis utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

PROGRAM STUDI S2 KEPERAWATAN KEKHUSUSAN KEPEMIMPINAN DAN MANAJEMEN KEPERAWATAN FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS ANDALAS Tesis, Agustus 2017 Afridawaty MJ Studi Fenomenologi: Budaya Keselamatan Pasien dari Perspektif Kepala Ruangan di Instalasi Rawat Inap RSUD Raden Mattaher Jambi xvii+ 153 hal + 2 tabel +15 lampiran +1 skema Abstrak Budaya keselamatan pasien merupakan kunci untuk mendukung tercapainya peningkatan keselamatan pasien. Kepala ruangan sebagai manajer operasional yang bertanggung jawab terhadap pemberian asuhan keperawatan untuk menghasilkan pelayanan yang bermutu dengan mengelola seluruh sumber daya diunit perawatan terutama dalam pengelolaan keselamatan pasien. Penelitian ini bertujuan menggambarkan budaya keselamatan pasien dari perspektif kepala ruangan di Instalasi Rawat Inap RSUD Raden Matther Jambi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif fenomenologi deskriptif dengan jumlah partisipan sebanyak 7 partisipan yang diambil secara purposive sampling. Pengumpulan data dengan indepth Interview dan field note. Analisis data menggunakan metode Collaizi. Hasil penelitian ini teridentifikasi 7 tema yaitu pengalaman mengenai budaya keselamatan pasien, dimensi budaya keselamatan pasien,pelaksanaan sasaran keselamatan pasien, upaya yang sudah dilakukan, hambatan, dukungan dalam budaya keselamatan pasien dan harapan kepada pihak manajemen.Kepala ruangan perlu mengembangkan kepemimpinan dalam mendukung peran perawat dalam gerakan keselamatan pasien dengan mengidentifikasi kebutuhan dalam pelaksanaan sasaran keselamatan pasien dan lebih intensif dalam melakukan pengawasan secara berkala. Kata kunci : Kepala ruangan, Perspektif, Budaya keselamatan pasien Daftar pustaka : 120 (2007-2016)

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Ns. MERI NEHERTA,S.Kep, M.Biomed
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 keperawatan keperawatan
Date Deposited: 25 Oct 2017 12:08
Last Modified: 25 Oct 2017 12:08
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/30574

Actions (login required)

View Item View Item