LOLA, MERIA SURTON (2017) STUDI POLA PERJALANAN DAN PENGGUNAAN KENDARAAN OLEH MASYARAKAT KELURAHAN KORONG GADANG DENGAN METODA TRAVEL TIME DIARY. Masters thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.
|
Text (cover dan abstrak)
cover & abstrak.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version Download (130kB) | Preview |
|
|
Text (BAB V)
BAB V..pdf - Published Version Download (85kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (27kB) | Preview |
|
Text (TESIS FULL TEXT)
LOLA MERIA SURTON.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Pola perjalanan rumah tangga harian sangat menentukan pembebanan arus lalu lintas perkotaan. Oleh karena itu sangat penting dipahami bagaimana pola perjalanan rumah tangga di kota Padang. Kelurahan Korong Gadang berkembang menjadi zona perumahan yang membangkitkan lalu lintas dan membebani jalan kota. Dengan kondisi berada pada ketinggian ± 8 m dari permukaan laut membuat daerah di Kelurahan Korong Gadang menjadi strategis sebagai pemukiman terutama sejak adanya isu tsunami, sehingga tanah yang sebelumnya berfungsi sebagai lahan pertanian dan perkebunan telah beralih menjadi pemukiman padat penduduk. Hal ini ditandai dengan banyaknya perumahan yang dibangun di Kelurahan Korong Gadang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metoda travel time diary. Sebanyak 130 rumah tangga berhasil dijadikan sampel dalam penelitian ini. Berdasarkan data yang diperoleh, pola perjalanan harian orang di Kelurahan Korong Gadang dipengaruhi oleh jumlah anggota rumah tangga, jumlah anggota rumah tangga yang bekerja serta jumah kendaraan. Dari hasil survei didapatkan bahwa setiap keluarga rata-rata memiliki satu mobil dan satu sepeda motor. Dari segi jam keberangkatan dari rumah rata-rata pengguna mobil berangkat sekitar jam 06.30-07.00 sedangkan pengguna sepeda motor lebih banyak berangkat pada rentang waktu 07.00-07.30. Dari segi tujuan perjalanan didominasi oleh bekerja dan kembali lagi ke rumah dengan total 77 orang/hari untuk pengguna sepeda motor dan 73 orang/hari untuk pengguna mobil. Sedangkan, untuk bangkitan perjalanan rumah tangga perhari didapat 297 pergerakan dari 8 jenis kategori rumah tangga. Dari sisi penggunaan kendaraan masyarakat lebih memilih sepeda motor dibandingkan dengan mobil. Alasan masyarakat lebih banyak menggunakan sepeda motor adalah tingkat efisiensian dan kemudahan yang lebih tinggi daripada menggunakan mobil. Kata kunci : Pola perjalanan, travel time diary, rumah tangga, pergerakan, survei
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Primary Supervisor: | Yosritzal, Ph.D |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Pascasarjana (Tesis) |
Depositing User: | s2 teknik sipil |
Date Deposited: | 23 Oct 2017 16:02 |
Last Modified: | 23 Oct 2017 16:02 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/30408 |
Actions (login required)
View Item |