PERBEDAAN KUALITAS HIDUP ORANGTUA YANG MEMILIKI ANAK DENGAN DISABILITY DAN NON DISABILITYDI WILAYAH KERJA KELURAHAN PADANG SARAI TAHUN 2017

Sesmeliati, Marta (2017) PERBEDAAN KUALITAS HIDUP ORANGTUA YANG MEMILIKI ANAK DENGAN DISABILITY DAN NON DISABILITYDI WILAYAH KERJA KELURAHAN PADANG SARAI TAHUN 2017. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VII Penutup)
BAB VII.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
skripsi full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS ANDALAS Oktober, 2017 Nama : Sesmeliati Marta No.BP : 1311311006 Perbedaan Kualitas Hidup Orangtua yang Memiliki Anak dengan Disability dan Non Disability di Wilayah Kerja Kelurahan Padang Sarai Tahun 2017 ABSTRAK Disability merupakan suatu kelainan yang tidak dapat disembuhkan dan tidak mudah bagi orangtua untuk dapat menerima kondisi tersebut.Memiliki anak disability menjadi beban berat bagi orangtua baik secara fisik maupun mental. Sebagai orang yang care giver terhadap anak, hal ini dapat mempengaruhi kualitas hidup orangtua. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kualitas hidup orangtua yang memiliki anak dengan disability dan non disability. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Deskriptif Komparasi dengan pendekatan cross sectional. Sampel dalam penelitian ini adalah orangtua dengan anak disability (63 orang) dan non disability (63 orang) dengan usia anak 6-12 tahun dan tinggal serumah. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kualitas hidup adalah WHOQoL-BREF. Analisa univariat untuk mengetahui median, minimum- maksimum dan bivariat dilakukan uji Independent-Samples T Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kualitas hidup orangtua yang memiliki anak dengan disability dan non disability dengan nilai p= 0,000. Orangtua dengan anak disability perlu mempertahankan kualitas hidup mereka dengan cara memanfaatkan sumber dan dukungan yang ada, seperti mengikuti seminar dan pelatihan terkait masalah anak. Kata kunci : Disability, Kualitas Hidup, Orangtua, Care Giver Daftar Pustaka : 44 (2004-2016)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: FITRA YENI, S.Kp, MA
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 26 Oct 2017 12:46
Last Modified: 26 Oct 2017 12:46
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/30341

Actions (login required)

View Item View Item