HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP PENDERITA STROKE TENTANG HIPERTENSI DENGAN UPAYA PENCEGAHAN STROKE BERULANG DI POLIKLINIK SARAF RSUD MUHAMMAD ZEIN PAINAN TAHUN 2017

Nur, Suzana (2017) HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP PENDERITA STROKE TENTANG HIPERTENSI DENGAN UPAYA PENCEGAHAN STROKE BERULANG DI POLIKLINIK SARAF RSUD MUHAMMAD ZEIN PAINAN TAHUN 2017. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
1. COVER ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VII PENUTUP)
3. BAB VII.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (239kB) | Preview
[img] Text (Skipsi Full Text)
FULL SKRIPSI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS ANDALAS OKTOBER, 2017 Nama : Nur Suzana No. Bp : 1311311040 Hubungan Pengetahuan Dan Sikap Penderita Stroke Tentang Hipertensi Dengan Upaya Pencegahan Stroke Berulang Di Poliklinik Saraf RSUD Muhammad Zein Painan Tahun 2017 ABSTRAK Stroke menduduki urutan ketiga penyebab kematian dengan laju motalitas 18%-37%. Seseorang yang pernah terserang stroke mempunyai kecenderungan lebih besar akan mengalami stroke berulang. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat hubungan pengetahuan dan sikap penderita stroke tentang hipertensi dengan upaya pencegahan stroke berulang di poliklinik syaraf RSUD Muhammad Zein Painan tahun 2017. Desain penelitian adalah deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Penelitian ini dilakukan pada bulan Agustus, di Poliklinik syaraf RSUD Muhammad Zein Painan. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien pasca stroke pertama dengan hipertensi yang datang ke poliklinik syaraf RSUD Muhammad Zein Painan. Sampel penelitian berjumlah 45 orang. Analisis data dilakukan dengan bantuan komputerisasi secara univariat dan bivariat menggunakan uji chi square. Hasil penelitian didapatkan adanya hubungan yang bermakna antara pengetahuan penderita stroke tentang hipertensi dengan upaya pencegahan stroke berulang dengan nilai p=0,000, serta adanya hubungan sikap dengan upaya pencegahan stroke berulang dengan nilai p=0,000. Diharapkan bagi pelayanan kesehatan dapat meningkatkan promosi kesehatan kepada pasien serta melibatkan keluarga didalamnya dengan menggunakan media tulis yang dapat di baca dan di bawa pulang ke rumah, agar dapat dapat meningkatkan pengetahuan mengenai faktor resiko dan tindakan upaya stroke berulang. Kata kunci : Pengetahuan, sikap, hipertensi, upaya stroke berulang Daftar pustaka : 55 (1999-2016)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Esi Afriyanti, S,Kp, M.kes
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 26 Oct 2017 12:45
Last Modified: 26 Oct 2017 12:45
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/30334

Actions (login required)

View Item View Item