Hubungan Dukungan Sosiaal Keluarga dengan Pengendalian Kadar Gula Darah pada Pasien DM Tipe 2 di Puskesmas Andalas Padang Tahun 2017

Melya, Permata (2017) Hubungan Dukungan Sosiaal Keluarga dengan Pengendalian Kadar Gula Darah pada Pasien DM Tipe 2 di Puskesmas Andalas Padang Tahun 2017. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
abstrak.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VII PENUTUP)
BAB VII.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (198kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
skripsi full text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS ANDALAS OKTOBER 2017 Nama : Melya Permata Nomor BP :1311311045 Hubungan Dukungan Sosial Keluarga dengan Pengendalian Kadar Gula Darah pada Pasien Diabetes Melitus Tipe 2 di Puskesmas Andalas Padang Tahun 2017 ABSTRAK Pengendalian kadar gula darah pada pasien diabetes melitus tipe 2 masih bervariasi. Pengendalian kadar gula darah merupakan salah satu penanganan dari diabetes melitus tipe 2. Dukungan sosial keluarga menjadi salah satu faktor yang dapat mempengaruhi pengendalian kadar gula darah pada pasien diabetes melitus tipe 2. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan dukungan sosial keluarga dengan pengendalian kadar gula darah pada pasien diabetes melitus tipe 2 di Puskesmas Andalas Padang. Rancangan penelitian korelasi dengan desain cross sectional. Teknik pengambilan sampel secara purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 65 responden. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner HDFSS dan SDSCA- Revised. Analisa data menggunakan uji korelasi spearman. Hasil penelitian didapatkan, nilai mean dukungan sosial keluarga 74 dan nilai mean pengendalian kadar gula darah 58,20. Terdapat hubungan positif yang signifikan antara dukungan sosial keluarga dengan pengendalian kadar gula darah pasien diabetes melitus dimana p value =0,000 dan nilai korelasi r = 0,918. Disarankan kepada puskesmas agar dapat memberikan penyuluhan kepada responden mengenai perawatan kaki dan kontrol gula darah secara rutin ke Puskesmas, serta membuat program pembinaan bagi keluarga yang tinggal bersama pasien dan memberikan informasi tentang bagaimana cara memberikan dukungan serta bentuk dukungan yang dibutuhkan pasien. Kata Kunci : Diabetes Melitus Tipe 2, Dukungan Sosial Keluarga, Pengendalian Kadar Gula Darah Daftar Pustaka : 52 (2000-2016)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Hema Malini, MN, PhD
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 26 Oct 2017 12:49
Last Modified: 26 Oct 2017 12:49
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/30331

Actions (login required)

View Item View Item