PENGARUH RELAKSASI OTOT PROGRESIF TERHADAP PENURUNAN SKOR FATIGUE PADA PASIEN KANKER PAYUDARA YANG MENJALANI KEMOTERAPI DI RUMAH SAKIT KOTA PADANG TAHUN 2017

PRIMA, CAHYATI (2017) PENGARUH RELAKSASI OTOT PROGRESIF TERHADAP PENURUNAN SKOR FATIGUE PADA PASIEN KANKER PAYUDARA YANG MENJALANI KEMOTERAPI DI RUMAH SAKIT KOTA PADANG TAHUN 2017. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (328kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab VII Kesimpulan dan Saran)
Bab VII Kesimpulan dan Saran.pdf - Published Version

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (553kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full text)
Skripsi FullText.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Fatigue merupakan gejala yang paling sering dialami oleh pasien kanker payudara yang menjalani kemoterapi. Fatigue dirasakan lebih mengganggu dari efek akibat kemoterapi lainnya. Fatigue harus diatasi karena dapat menimbulkan perubahan terhadap kualitas hidup pasien yang akan menghambat dilakukannnya pengobatan kemoterapi. Salah satu penatalaksanaan fatigue secara nonfarmakologi adalah relaksasi otot progresif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh relaksasi otot progresif terhadap penurunan skor fatigue pada pasien kanker payudara yang menjalani kemoterapi di rumah sakit kota padang. Penelitian ini menggunakan desain quasi-experiment dengan pendekatan one group pretest-posttest design. Teknik sampel yang digunakan purposive sampling dengan jumlah sampel 20 orang. Skor fatigue diukur menggunakan kuisioner Piper Fatigue Scale (PFS), kemudian dianalisa menggunakan uji paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukan adanya pengaruh yang bermakna terhadap penurunan skor fatigue sesudah diberikan intervensi dengan nilai mean sebelum 4,50 dan mean setelah intervensi 3,49 dengan nilai p<0,001. Disarankan latihan relakasi otot progresif dapat dijadikan sebagai intervensi mandiri oleh perawat dalam menurunkan fatigue yang dirasakan oleh pasien kanker payudara yang menjalani kemoterapi. Kata Kunci : Fatigue, kanker payudara, relakasi otot progresif, Daftar Pustaka : 51 (1989-2015)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ns. LENI MERDAWATI, S.Kep, M.Kep
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 24 Oct 2017 15:56
Last Modified: 24 Oct 2017 15:56
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/30304

Actions (login required)

View Item View Item