HUBUNGAN DEPRESI DAN DUKUNGAN SOSIAL DENGAN TEKANAN DARAH PADA PASIEN HIPERTENSI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS ANDALAS KOTA PADANG TAHUN 2017

Nia, Damayatri (2017) HUBUNGAN DEPRESI DAN DUKUNGAN SOSIAL DENGAN TEKANAN DARAH PADA PASIEN HIPERTENSI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS ANDALAS KOTA PADANG TAHUN 2017. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
1. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
2. BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V Kesimpulan)
3. BAB V KESIMPULAN.pdf - Published Version

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (356kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
5. SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Hipertensi saat ini masih menjadi masalah kesehatan besar di seluruh dunia sebab tingginya prevalensi dan berhubungan dengan peningkatan risiko penyakit kardiovaskuler. Hipertensi dapat disebabkan oleh faktor psikososial antara lain depresi dan dukungan sosial. Depresi pada pasien hipertensi dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah. Dukungan sosial mendorong sikap positif yang berhubungan dengan tekanan darah pada pasien hipertensi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan depresi dan dukungan sosial dengan tekanan darah penderita hipertensi di wilayah kerja Puskesmas Andalas Kota Padang tahun 2017. Jenis penelitian yaitu kuantitatif dengan desain cross-sectional study. Sampel adalah 138 pasien hipertensi di kelurahan Andalas wilayah kerja Puskesmas Andalas Padang, yang diambil secara purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hampir setengah responden memiliki gejala depresi ringan yaitu 65 responden (47.1%), dan dukungan sosial yang rendah yaitu 62 responden (44,9%) dengan hipertensi derajat I yaitu 77 responden (55,8%). Terdapat hubungan antara depresi dengan tekanan darah (p=0,020) dan dukungan sosial dengan tekanan darah (p=0,001). Depresi dan dukungan sosial merupakan faktor penting yang perlu dipertimbangkan perawat saat memberikan asuhan keperawatan kepada pasien hipertensi. Perawat dapat memanfaatkan alat skrining gejala depresi dan secara efektif mempromosikan dukungan sosial dengan mendidik anggota keluarga dan teman untuk berpartisipasi mengontrol tekanan darah pasien. Kata kunci: Depresi, hipertensi, dukungan sosial, tekanan darah, Daftar Pustaka : 55 (2007-2017)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: FITRA YENI, S.KP, MA
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 23 Oct 2017 11:44
Last Modified: 23 Oct 2017 11:44
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/30260

Actions (login required)

View Item View Item