PERBEDAAN EFEKTIFITAS LATIHAN KEGEL TERHADAP INKONTINENSIA URINE PADA LANSIA PRIA DAN WANITA DI PSTW SABAI NAN ALUIH SICINCIN

Najmi, Ulfa Misbah (2017) PERBEDAAN EFEKTIFITAS LATIHAN KEGEL TERHADAP INKONTINENSIA URINE PADA LANSIA PRIA DAN WANITA DI PSTW SABAI NAN ALUIH SICINCIN. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I Pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab VII Penutup)
BAB VII PENUTUP.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (294kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Fulltext)
SKRIPSI FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

PROGRAM STUDI S1 KEPERAWATAN FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS ANDALAS Oktober 2017 Nama : Najmi Ulfa Misbah Bp : 1311312007 Perbedaan Efektivitas Latihan Kegel pada Lansia Pria dan Wanita dengan Inkontinensia Urine di PSTW Sabai Nan Aluih Sicincin Tahun 2017 ABSTRAK Inkontinensia urine merupakan masalah yang umum terjadi pada lansia. Tingginya angka kejadian inkontinensia urine dan dampak yang timbulkannya pada lansia perlu diberikan intervensi yang tepat. Intervensi non-farmakalogis direkomendasikan sebagai penatalaksanaan utama untuk mengatasi masalah inkontinensia urine salah satunya dengan latihan kegel. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan efektifitas latihan kegel terhadap skor inkontinensia urine antara lansia pria dan wanita. Penelitian ini menggunakan desain pre-experimental dengan pendekatan One-Group Pre-Post test. Populasi pada penelitian ini adalah lansia dengan jumlah sampel sebanyak 20 orang yang dibagi dalam dua kelompok. Instrumen penelitian yang digunakan berupa kuesioner yaitu ICIQ-SF (International Consultation on Incontinence Questionnaire- Short Form). Pelaksanaan intervensi dilakukan di PSTW Sabai Nan Aluih Sicincin selama 4 minggu. Uji statistik yang digunakan pada penelitian ini yaitu uji Paired-samples T-test. Mean selisih skor ICIQ-SF pada lansia pria yaitu 1,5 dan mean selisih skor ICIQ-SF pada lansia wanita yaitu 1,4. Hasil uji beda skor masing-masing kelompok menunjukkan nilai p value 0,000 (p<0,05). Tidak ada perbedaan yang bermakna pengaruh latihan kegel terhadap inkontinensia urine pada lansia pria maupun wanita. Saran peneliti, sebelum diberikan latihan kegel, terlebih dahulu dilakukan pengkajian terkait inkontinensia urin pada lansia. Kata kunci : Inkontinensia urine, Latihan kegel, Lansia Daftar pustaka: 43 (2003-2016)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Gusti Sumarsih, S.Kp, M.Biomed
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 23 Oct 2017 11:52
Last Modified: 23 Oct 2017 11:52
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/30217

Actions (login required)

View Item View Item