Hubungan Kepatuhan Minum Obat dan Diit Hipertensi terhadap Kekambuhan Hipertensi pada Lanjut Usia di Wilayah Kerja Puskesmas Kampung Baru Padusunan Kota Pariaman

Rani, Cyntia Dewi (2017) Hubungan Kepatuhan Minum Obat dan Diit Hipertensi terhadap Kekambuhan Hipertensi pada Lanjut Usia di Wilayah Kerja Puskesmas Kampung Baru Padusunan Kota Pariaman. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (340kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I (Pendahuluan))
BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab VII (Kesimpulan dan Saran))
BAB VII (Kesimpulan dan Saran).pdf - Published Version

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (203kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS ANDALAS OKTOBER 2017 Nama : Rani Cyntia Dewi No BP : 1311311088 Hubungan Kepatuhan Minum Obat dan Diit Hipertensi terhadap Kekambuhan Hipertensi pada Lanjut Usia di Wilayah Kerja Puskesmas Kampung Baru Padusunan Kota Pariaman ABSTRAK Kekambuhan hipertensi cenderung meningkat pada lansia, yang apabila tidak ditangani secara maksimal akan beresiko mengalami komplikasi seperti stroke, penyakit jantung koroner dan lain-lain. Keberhasilan tindakan pencegahan agar tidak terjadinya kekambuhan hipertensi tergantung pada seberapa patuh penderita hipertensi dalam menjalani terapi yang diberikan, beberapa diantaranya yaitu mengonsumsi obat antihipertensi dan diit hipertensi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kepatuhan minum obat dan diit hipertensi terhadap kekambuhan hipertensi pada lanjut usia di wilayah kerja Puskesmas Kampung Baru Padusunan Kota Pariaman. Penelitian ini menggunakan desain analitik dengan pendekatan Cross Sectional dengan sampel yaitu 79 orang lansia penderita hipertensi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen kuesioner MMAS-8 (Morisky Medication Adherence Scale) dan Compliance to Dietary Regimen Quetionnaire serta check list frekuensi kekambuhan hipertensi untuk kepatuhan minum obat dan diit hipertensi serta frekuensi kekambuhan hipertensi pada lansia. Data dianalisis menggunakan uji Chi-Square dengan hasil adanya hubungan bermakna antara kepatuhan minum obat dengan kekambuhan hipertensi (p = 0,000) dan adanya hubungan bermakna antara kepatuhan diit hipertensi dengan kekambuhan hipertensi (p = 0,01). Disarankan kepada pihak yang terkait untuk meningkatkan keterlibatan keluarga dalam program perawatan lansia khususnya dalam mengonsumsi obat antihipertensi dan diit hipertensi demi meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan lansia sehingga frekuensi kekambuhan hipertensi dapat menurun. Kata Kunci : Hipertensi, Lansia, Kepatuhan, Minum Obat, Diit, Kekambuhan Daftar Pustaka : 42 (2007-2017)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ns. Rika Fatmadona, M.Kep, Sp.KMB
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program Profesi Ners
Date Deposited: 19 Oct 2017 16:41
Last Modified: 19 Oct 2017 16:41
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/30158

Actions (login required)

View Item View Item