PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TENTANG SADARI TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP MAHASISWI DI ASRAMA UNIVERSITAS ANDALAS TAHUN 2017

QORI, HUSNUL MULQIAH (2017) PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TENTANG SADARI TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP MAHASISWI DI ASRAMA UNIVERSITAS ANDALAS TAHUN 2017. Diploma thesis, Universitas Andalas.

This is the latest version of this item.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
1.cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
2.BAB I.pdf - Published Version

Download (568kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VII)
3.BAB VII.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
4.DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (422kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Angka kematian penderita kanker payudara semakin tinggi dikarenakan penderita datang dalam keadaan stadium lanjut. Hal ini dapat dicegah dengan SADARI(Periksa Payudara Sendiri), namun hanya sedikit yang melakukannya. Solusi atas hal ini yaitu meningkatkan pengetahuan wanita mulai dari usia awal resproduksi, diantaranya mahasiswi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan tentang SADARI terhadap pengetahuan dan sikap Mahasiswi Asrama Universitas Andalas. Penelitian ini menggunakan desain penelitian pre-eksperimental dengan pendekatan One-Group Pre-Post test dengan sampel 41 orang mahasiswi, pendidikan kesehatan ini menggunakan metode ceramah, media audio visual, booklet dan metode demonstrasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner tentang pengetahuan dan sikap SADARI. Data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon dengan hasil untuk pengetahuan di peroleh perbedaan rata-rata signifikan dengan nilai pengetahuan p=0,000;p<0,05,untuk sikap p=0,000 ; p<0,05 ini berarti ada pengaruh pendidikan kesehatan tentang SADARI terhadap pengetahun dan sikap Mahasiswi Asrama Unversitas Andalas. Sehingga disarankan kepada mahasiswi agar lebih aktif mencari informasi guna meningkatkan pengetahuan tentang SADARI sehingga menimbulkan motivasi untuk melakukan SADARI dan rutin melakukan SADARI setiap bulannya. Kata kunci : Pendidikan kesehatan, Pengetahuan, Sikap, SADARI Daftar pustaka : 36 (2003-2017)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Emil Huriani, S.Kp, MN
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 20 Oct 2017 11:50
Last Modified: 20 Oct 2017 11:50
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/30139

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item