PENGARUH TERAPI BERMAIN PLASTISIN TERHADAP TINGKAT KECEMASAN ANAK USIA PRASEKOLAH DI RUANG RAWAT INAP ANAK DI RUMAH SAKIT TENTARA Dr.REKSODIWIRYO PADANG TAHUN2017

IRA, ANDIKA PUTRI (2017) PENGARUH TERAPI BERMAIN PLASTISIN TERHADAP TINGKAT KECEMASAN ANAK USIA PRASEKOLAH DI RUANG RAWAT INAP ANAK DI RUMAH SAKIT TENTARA Dr.REKSODIWIRYO PADANG TAHUN2017. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
cover dan abstrak pdf.pdf - Published Version

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
bab 1 pdf.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
19. BAB VII pdf.pdf - Published Version

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
20. daftar pustaka pdf.pdf - Published Version

Download (44kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
skripsi utuh pdf.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

PROGRAM STUDI S1 KEPERAWATAN FALKUTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS ANDALAS AGUSTUS, 2017 Nama : IRA ANDIKA PUTRI No. BP : 1311311012 Pengaruh Terapi Bermain Plastisin Terhadap Tingkat Kecemasan Anak Usia Prasekolah Di Ruang Rawat Inap AnakRST. Dr. Reksodiwiryo Pada Tahun 2017. ABSTRAK Kecemasan akibat hospitalisasi yang tidak diatasi menyebabkan tindakan keperwatan menjadi sulit dilakukan, anak menolak diberi tindakan bahkan ada yang membatalkan untuk dirawat inap, dan memilih untuk rawat jalan. Salah satu intervensi keperawatan untuk membantu mengurangi kecemasan pada anak usia prasekolah adalah terapi bermain seperti plastisin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh terapi bermain plastisin terhadap tingkat kecemasan anak usia prasekolah yang sedang menjalani hospitalisasi. Jenis penelitian Pra-eksperimen dengan pendekatan one group pretest-postest dengan sampel 10 orang. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Tingkat kecemasan anak usia prasekolah di ukur menggunakan kuisioner kecemasan terdiri dari 15 pertanyaan. Hasil uji normalitas Shapiro-Wilk, untuk tingkat kecemasan sebelum dan setelah diberikan terapi bermain plastisin menjukan data berdistribusi normal dan uji hipotesis yang digunakan adalah uji parametrik yaitu uji paired sampel t-test. Hasil penelitian didapatkan nilai p=0,000 dan menunjukan rata-rata nilai kecemasan anak sebelum terapi bermain 36,70 dan rata-rata nilai kecemasan setelah 25,90 . Terapat penurunan ni lai kecemasan pada anak sebesar 10,80. Hasil uji statistik menunjukan adanya pengaruh terapi bermain plastisin terhadap tingkat kecemasan anak usia prasekolah yang sedang menjalani perawatan. Diharapkan pemberian terapi bermain plastisin ini menjadi salah satu alternatif intervensi keperawatan daam menurunkan kecemasan pada anak usia prasekolah selama menjalani hospitalisasi. Kata Kunci : terapi bermain plastisin, hospitalisasi, kecemasan Daftar Pustaka : 45 (2003-2016)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ns. Dwi Novrianda,M.Kep
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 23 Oct 2017 10:53
Last Modified: 23 Oct 2017 10:53
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/30008

Actions (login required)

View Item View Item