Analisis Kualitas Dokter Lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Andalas yang Belajar dengan Metode Problem Based Learning (PBL)

Anggraeni, Yola (2017) Analisis Kualitas Dokter Lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Andalas yang Belajar dengan Metode Problem Based Learning (PBL). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
1. Abstrak.pdf - Published Version

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
2. Bab 1.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab Akhir)
3. Bab akhir.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[img] Text (Tugas akhir ilmiah utuh)
5. Tugas akhir ilmiah utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Fakultas Kedokteran Universitas Andalas telah menerapkan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) menggunakan pendekatan Student Center Learning (SCL) dengan metode PBL sejak tahun 2004. Dokter lulusan PBL ini diharapkan menguasai kompetensi yang telah ditetapkan dalam Standar Kompetensi Dokter Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas dokter lulusan FK Unand yang belajar dengan metode PBL berdasarkan persepsi dokter umum, paramedis (perawat), pasien dan dokter PBL itu sendiri. Data didapatkan melalui kuesioner dan wawancara mendalam dengan 103 orang informan, 10 orang dokter umum, 10 orang perawat, 60 orang pasien dan 23 orang dokter lulusan PBL FK Unand, yang dipilih dengan metode purposif. Penelitian ini dilaksanakan di beberapa Rumah Sakit di kota Padang. Kualitas dokter lulusan FK Unand yang belajar dengan metode PBL menurut persepsi dokter umum, paramedis, pasien dan dokter lulusan PBL sendiri sebagian besar baik terutama pada aspek komunikasi. Hal-hal yang masih perlu peningkatan adalah aspek keterampilan melakukan tindakan medik dan kegawatdaruratan seperti keterampilan menjahit, pemasangan nasogastric tube, tindakan sirkumsisi, penanganan kasus perdarahan serta kedaruratan nafas dan jantung. Selain itu kehadiran tepat waktu, rasa percaya diri dan kemampuan mengelola pasien secara komprehensif dokter PBL masih perlu ditingkatkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: dr. Detty Iryani, M.Kes, M.Pd.Ked
Subjects: R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 13 Oct 2017 16:28
Last Modified: 13 Oct 2017 16:28
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/29908

Actions (login required)

View Item View Item