HUBUNGAN PERAN TEMAN SEBAYA (PEER GROUP) DENGAN PERILAKU BULLYING DI SMKN 5 PADANG TAHUN 2017

Renisa, Syahli (2017) HUBUNGAN PERAN TEMAN SEBAYA (PEER GROUP) DENGAN PERILAKU BULLYING DI SMKN 5 PADANG TAHUN 2017. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER & ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (328kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VII Penutup)
BAB VII Penutup.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (105kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full text)
FULLTEXT SKRIPSI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Di Indonesia kasus bullying di sekolah menduduki peringkat teratas pengaduan masyarakat ke Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), tercatat sebanyak 369 pengaduan terkait masalah bullying dari tahun 2011 sampai Agustus 2014. Bullying umumnya didefenisikan sebagai tindakan agresif tertentu dan menyebabkan ketidakseimbangan kekuatan. Salah satu faktor timbulnya perilaku bullying ini adalah peran teman sebaya (peer group). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara peran teman sebaya (peer group) dengan perilaku bullying pada remaja. Jenis penelitian ini adalah deskriptif analitik dengan pendekatan cros sectional study. Penelitian ini dilakukan di SMKN 5 Padang pada tanggal 27 Juli- 29 Juli 2017. Sampel penelitian ini berjumlah 90 orang remaja yang diambil secara propotional random sampling. Uji yang digunakan untuk melihat hubungan antar variabel dalam penelitian ini adalah uji Chi-Square. Hasil penelitian menunjukkan lebih dari separoh (68,9%) remaja memiliki peran teman sebaya tinggi dan terdapat lebih dari separoh (60%) remaja yang berperilaku bullying. Hasil analisis menggunakan uji chi square diketahui p-value = 0,016 (p<0,05) yang menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara peran teman sebaya dengan perilaku bullying pada remaja. Diharapkan kepada pihak sekolah agar lebih mengawasi kelompok-kelompok siswa di sekolah agar diarahkan pada kegiatan yang positif dengan mengembangkan bakat dan kreatifitas siswa di sekolah bersama teman-temannya sehingga tidak menghabiskan waktu melakukan hal negatif. Kata kunci : Peran teman sebaya(peer group), perilaku bullying, remaja Daftar Pustaka : 68 (2003-2017)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Agus Sri Banowo, S.Kp.MPH
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program Profesi Ners
Date Deposited: 12 Oct 2017 15:08
Last Modified: 12 Oct 2017 15:08
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/29866

Actions (login required)

View Item View Item