Pengaruh Pendidikan Kesehatan tentang Oral Hygiene terhadap Pengetahuan dan Sikap Oral Hygiene pada Siswa SD 03 Alai Padang

Melly, Elya Yeriza (2017) Pengaruh Pendidikan Kesehatan tentang Oral Hygiene terhadap Pengetahuan dan Sikap Oral Hygiene pada Siswa SD 03 Alai Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover Abstrak)
1 COVER ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
2 BAB I.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
3 BAB V Penutup Kesimpulan.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full text)
5 SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pengaruh Pendidikan Kesehatan Tentang Oral Hygiene Terhadap Pengetahuan dan Sikap Oral Hygiene Siswa SD 03 Alai Padang ABSTRAK Pendidikan kesehatan tentang oral hygiene pada anak usia sekolah sangatlah penting karena pada masa tersebut rentan terjadinya masalah kesehatan gigi dan mulut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan tentang oral hygiene terhadap pengetahuan dan sikap oral hygiene pada siswa SD 03 Alai Padang. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Pre Eksperimen dengan pendekatan One Group Pretest-Posttest. Teknik pengambilan sampel menggunakan Proportional Random Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 89 orang. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa kuesioner pengetahuan dan sikap tentang oral hygiene. Uji statistik yang digunakan adalah Uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan rata-rata skor pengetahuan dan sikap sebelum dan setelah dilakukan pendidikan kesehatan tentang oral hygiene yakni pengetahuan sebelum diberikan pendidikan kesehatan adalah 4,26 dan setelah 8,58, dan sikap sebelum diberikan pendidikan kesehatan 30,62 dan setelah 35,76 dengan uji statistik didapatkan nilai sikap p=0,000; Z=-8,233 dan pengetahuan p=0,000; Z=-8,162. Diharapkan kepada institusi pendidikan dapat bekerjasama dengan institusi keperawatan dan puskesmas untuk memaksimalkan edukasi dengan pendidikan kesehatan secara berkala dan dengan metode yang lebih menarik serta memfasilitasi program terkait oral hygiene kepada siswa guna meningkatkan pengetahuan dan sikap siswa tentang oral hygiene. Kata kunci : Pendidikan Kesehatan, Oral Hygiene, Pengetahuan, Sikap. Daftar Pustaka : 76 (2002-2016)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ns. Meri Nerherta, S.Kep, M.Biomed
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program Profesi Ners
Date Deposited: 12 Oct 2017 14:51
Last Modified: 12 Oct 2017 14:51
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/29865

Actions (login required)

View Item View Item