Hubungan Faktor-Faktor Risiko dengan Kejadian Penyakit Jantung Koroner pada Wanita Lanjut Usia di Wilayah Kerja Puskesmas Pariaman Kota Pariaman Tahun 2016

Najmu, Rizqi (2017) Hubungan Faktor-Faktor Risiko dengan Kejadian Penyakit Jantung Koroner pada Wanita Lanjut Usia di Wilayah Kerja Puskesmas Pariaman Kota Pariaman Tahun 2016. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
(7) Abstrak.pdf - Published Version

Download (683kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
(9) BAB 1.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab VII)
(15)BAB VII.pdf - Published Version

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
(16) DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (273kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
full skripsi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

PROGRAM STUDI S1 KEPERAWATAN FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS ANDALAS JANUARI 2017 Nama : Najmu Rizqi No. BP : 1110323066 Hubungan Faktor-Faktor Risiko Dengan Kejadian Penyakit Jantung Koroner Pada Wanita Lanjut Usia Di Wilayah Kerja Puskesmas Pariaman Kota Pariaman ABSTRAK Penyakit Jantung Koroner (PJK) merupakan masalah kesehatan yang sangat penting karena morbiditas dan mortalitasnya yang tinggi. Insidens PJK pada wanita lanjut usia cenderung meningkat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan faktor-faktor risiko dengan kejadian PJK pada wanita lanjut usia di wilayah kerja Puskesmas Pariaman Kota Pariaman tahun 2016. Desain pada penelitian ini adalah penelitian deskriptif analitik dengan studi cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh wanita lansia yang berada dalam wilayah Puskesmas Pariaman Kota Pariaman. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan sampel sebanyak 364 sampel. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuisioner dan diolah menggunakan statistik uji Chi-Square dengan derajat kemaknaan p<0,05 serta uji regresi linier dengan derajat kemaknaan p<0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor risiko yang tidak berhubungan dengan kejadian PJK adalah merokok (p>0,05). Sedangkan faktor yang mempunyai hubungan bermakna dengan kejadian PJK terdiri dari usia (p<0,05), hipertensi (p<0,05), diabetes mellitus (p<0,05), obesitas (p<0,05) dan aktivitas fisik (p<0,05). Faktor aktivitas fisik merupakan faktor risiko yang paling berhubungan dengan kejadian PJK pada wanita lanjut usia. Diharapkan wanita lansia untuk meningkatkan aktivitas fisiknya sehingga dapat menurunkan resiko terkena PJK. Kata Kunci : Faktor Risiko, PJK, Wanita Lanjut Usia Daftar Pustaka : 66 (1995-2015)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Emil Huriani S.Kp., MN
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program Profesi Ners
Date Deposited: 16 Oct 2017 15:44
Last Modified: 16 Oct 2017 15:44
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/29423

Actions (login required)

View Item View Item