STUDI FENOMENOLOGI PENGALAMAN PERAWAT DALAM PEMBERIAN PERAWATAN PALIATIF PADA PASIEN TERMINAL DI RUANG ICU RUMAH SAKIT RAFLESIA BENGKULU

Feny, Marlena (2017) STUDI FENOMENOLOGI PENGALAMAN PERAWAT DALAM PEMBERIAN PERAWATAN PALIATIF PADA PASIEN TERMINAL DI RUANG ICU RUMAH SAKIT RAFLESIA BENGKULU. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
cover dan abstrak(1).pdf - Published Version

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan1.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VI Penutup)
BAB VI Penutup1.pdf - Published Version

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka1.pdf - Published Version

Download (198kB) | Preview
[img] Text (tesis full text)
Tesis Full text1.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (45MB)

Abstract

ABSTRAK Perawatan paliatif merupakan perawatan yang diberikan kepada pasien dengan penyakit yang sulit untuk disembuhkan (penyakit terminal). Perawatan paliatif diberikan untuk mengatasi masalah fisik, psikologis, dan spiritual serta memberikan dukungan ketika berduka. Rumah sakit raflesia merupakan rumah sakit yang masih baru menerapkan perawatan paliatif, yakni tahun 2015. Sehingga ini merupakan pengalaman yang masih baru bagi perawat dalam memberikan perawatan paliatif. Di sini juga belum terbentuk tim perawatan paliatif (job description belum ada), standar pelayanan seperti SPO (Standar Prosedur Operasional) pemberian perawatan paliatif belum bisa dilaksanakan secara maksimal karena SPO masih tergolong baru dan belum teruji. Penelitian ini menggunakan desain fenomenologi dengan tujuan diperolehnya gambaran tentang pengalaman perawat dalam memberikan perawatan paliatif pada pasien terminal di ruang ICU Rumah Sakit Raflesia Bengkulu. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan jumlah partisipan sebanyak enam orang partisipan. Data dikumpulkan melalui wawancara dan dianalisa dengan metode Collaizi. Hasil penelitian ini menemukan 4 tema, yaitu kegiatan perawat dalam memberikan perawatan paliatif, koping perawat dalam memberikan perawatan paliatif, kendala yang dihadapi perawat dalam memberikan perawatan paliatif, dan harapan perawat dalam memberikan pelayanan perawatan paliatif yang lebih baik. Diharapkan pihak manajemen rumah sakit dapat memfasilitasi perawat untuk mengikuti pelatihan atau seminar tentang perawatan paliatif guna meningkatkan pengetahuan dan keterampilan perawat, serta dapat segera membentuk tim perawatan paliatif. Kata Kunci : Pasien terminal, perawatan paliatif, pengalaman perawat.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. dr. Hafni Bachtiar, MPH
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 keperawatan keperawatan
Date Deposited: 01 Aug 2017 14:31
Last Modified: 01 Aug 2017 14:31
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/28969

Actions (login required)

View Item View Item