Hubungan Dukungan Sosial Dan Kepuasan Pernikahan Dengan Risiko Terjadinya Depresi Postpartum Pada Ibu Postpartum Di Kelurahan Parupuk Tabing Kota Padang

Suci, Rizki Mukhlisah (2017) Hubungan Dukungan Sosial Dan Kepuasan Pernikahan Dengan Risiko Terjadinya Depresi Postpartum Pada Ibu Postpartum Di Kelurahan Parupuk Tabing Kota Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
combine cover+abstrak.pdf - Published Version

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I FIX.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA FIX.pdf - Published Version

Download (289kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
combine skripsi lengkap.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS ANDALAS Juli, 2017 Nama : Suci Rizki Mukhlisah No.BP : 1311312013 Hubungan Dukungan Sosial Dan Kepuasan Pernikahan Dengan Risiko Terjadinya Depresi Postpartum Pada Ibu Postpartum Di Kelurahan Parupuk Tabing Kota Padang ABSTRAK Risiko depresi postpartum merupakan suatu kondisi yang bisa muncul dan dirasakan oleh ibu pasca melahirkan yang mana terjadi perubahan suasana hati pada ibu postpartum yang berdampak pada psikologis ibu. Sampai saat ini masalah psikologis pada ibu pasca melahirkan hampir tidak terdiagnosa secara cepat. Diperlukan deteksi secara dini pada ibu pasca melahirkan agar risiko depresi postpartum tidak berdampak pada ibu, bayi dan juga keluarga. Beberapa faktor penyebab risiko terjadinya depresi postpartum diantaranya faktor fisik / biologis, faktor psikologis, faktor kehamilan dan persalinan, faktor sosial demografi dan faktor budaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial dan kepuasan pernikahan dengan risiko terjadinya depresi postpartum pada ibu postpartum di Kelurahan Parupuk Tabing Kota Padang. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan desain penelitian analitik dengan pendekatan cross sectional. Waktu penelitian dilaksanakan pada bulan Januari sampai dengan Juli 2017. Teknik pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 123 orang. Analisa data dilakukan secara univariat dan bivariat menggunakan uji Chi-Square. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang bermakna antara dukungan sosial dengan risiko terjadinya depresi postpartum. (P value = 0,000). Terdapat hubungan yang bermakna antara kepuasan pernikahan dengan risiko terjadinya depresi postpartum. (P value = 0,000). Diharapkan kepada pihak Puskesmas untuk meningkatkan pelayanan postnatal dengan mengkaji dan memeriksa psikologis ibu salah satunya dengan cara uji tapis (screening test) dengan menggunakan EPDS untuk dapat mendeteksi masalah kesehatan pada ibu postpartum. Kata Kunci : risiko depresi postpartum, dukungan sosial, kepuasan pernikahan, ibu postpartum Daftar Pustaka : 51 (2005-2016)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ns. YANTI PUSPITA SARI, M.Kep
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program Profesi Ners
Date Deposited: 25 Jul 2017 15:17
Last Modified: 25 Jul 2017 15:17
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/26709

Actions (login required)

View Item View Item