PERBEDAAN PENGARUH EDUKASI METODE “CERAMAH MURNI” DENGAN “KUBUS PENGETAHUAN” TERHADAP PENGETAHUAN, SIKAP DAN RETENSI INGATAN SISWA TENTANG BAHAYA MEROKOK DI SD N 28 PAYAKUMBUH KECAMATAN PAYAKUMBUH BARAT KOTA PAYAKUMBUUH

Nugroho, Tundun Wibowo (2017) PERBEDAAN PENGARUH EDUKASI METODE “CERAMAH MURNI” DENGAN “KUBUS PENGETAHUAN” TERHADAP PENGETAHUAN, SIKAP DAN RETENSI INGATAN SISWA TENTANG BAHAYA MEROKOK DI SD N 28 PAYAKUMBUH KECAMATAN PAYAKUMBUH BARAT KOTA PAYAKUMBUUH. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak watermark.pdf - Published Version

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VI Penutup)
BAB VI Penutup.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[img] Text (Full Text)
Skripsi Full watermark.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan Jumlah Perokok usia sekolah di Indonesia mencapai1,2 juta orang dan jumlah perokok anak dibawah umur 10 tahun mencapai angka 239.000 orang. Salah satu upaya untuk mencegah orang untuk merokok adalah dengan melakukan edukasi kesehatan.Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan pengaruh edukasi kesehatan menggunakan metode ceramah murni dengan kubus pengetahuan dalam meningkatkan pegetahuan, sikap dan retensi ingatan tentang bahaya merokok. Metode Jenis penelitian yang dilakukan adalah quast experimental menggunakan desain penelitian non equivalen control group design. Dilakukan di SD N 28 Payakumbuh Kecamatan Payakumbuh Baratdari Bulan Desember 2016 – Juni 2017. Sampel terdiri dari 87 siswa, menggunakan teknik proporsional random sampling. Analisis data secara univariat dan bivariat. Hasil Hasil penelitian dari 87 responden diketahui bahwa hasil uji statistik menunjukkan terjadinya peningkatan pengetahuan dan sikap yang signifikan (p<0,05) dari nilai sebelum dan sesudah diberikan edukasi kesehatan dengan metode ceramah dan media kubus pengetahuan.Adanya perbedaan retensi ingatan yang signifikan (p<0,05) setelah satu hari edukasi antara metode ceramah dan media kubus pengetahuan. Kesimpulan Terdapat hubungan yang bermakna terhadap pengetahuan, sikap dan retensi ingatan pada siswa kelas IV dan V SD N 28 Payakumbuh Kecamatan Payakumbuh Barat. Untuk menciptakan proses belajar dan promosi kesehatan yang baik, dapat menggunakan metode ceramah murni dan media kubus pengetahuan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 24 Jul 2017 12:57
Last Modified: 24 Jul 2017 12:57
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/26577

Actions (login required)

View Item View Item