PENGARUH TERAPI MUSIK RELIGI TERHADAP KECEMASAN PADA PASIEN PRE OPERASI KANKER PAYUDARA DI RST DR. REKSODIWIRYO PADANG YAHUN 2017

LESTARI, JONIZA (2017) PENGARUH TERAPI MUSIK RELIGI TERHADAP KECEMASAN PADA PASIEN PRE OPERASI KANKER PAYUDARA DI RST DR. REKSODIWIRYO PADANG YAHUN 2017. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (cover dan astrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (328kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1(pendahuluan))
BAB I (pendahuluan).pdf - Published Version

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab VII ( PENUTUP))
BAB VII ( penutup).pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (232kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
skripsi lengkap.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Keperawatan Universitas Andalas Juli 2017 Nama : Joniza Lestari No Bp : 1311311072 Pengaruh Terapi Musik Religi Terhadap Kecemasan Pada Klien Pre Operasi Kanker Payudara Di RST Dr. Reksodiwiryo Padang Tahun 2017 ABSTRAK Kanker payudara merupakan penyakit dengan presentase kasus tertinggi yaitu 43,3% dan merupakan salah satu kasus tertinggi di seluruh rumah sakit. Pasien kanker payudara yang akan dioperasi mengalami masalah kecemasan dan fisiologis terkait dengan operasi yang dilakukan karena payudara merupakan organ reproduksi yang penting bagi seorang wanita. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh terapi musik religi terhadap penurunan kecemasan klien pre operasi kanker payudara. Jenis penelitian ini adalah pre experimental design dengan rancangan one group pretest-postest. Besar sampel sebanyak 15 orang yang diambil secara Purposive Sampling. Penelitian dilaksanakan dari tanggal 3 februari sampai 30 juni 2017. Alat ukur yang digunakan adalah skala Edmonton Symptom Assessment System (ESAS). Berdasarkan hasil analisis penelitian menggunakan uji Paired T-Tes, hasil penelitian menunjukkan nilai (p value = 0,000 < α = 0,05), artinya ada pengaruh pemberian terapi musik religi terhadap penurunan tingkat kecemasan pasien pre operasi kanker payudara. Disarankan untuk perawat agar dapat menggunakkan terapi musik religi untuk mengurangi kecemasan pre operasi pasien kanker payudara. Kata Kunci : Terapi Musik Religi, Kecemasan, Pre Operasi, Kanker Payudara Daftar Pustaka : 49 (2003-2016)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ns. Rika Fatmadona, M.Kep, Sp.Kep.MB
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program Profesi Ners
Date Deposited: 21 Jul 2017 15:53
Last Modified: 21 Jul 2017 15:53
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/26392

Actions (login required)

View Item View Item