Analisis Potensi Penerimaan Pajak Reklame Terhadap Pendapatan Asli Daerah di Kota Pariaman

Desnawati, Desnawati (2017) Analisis Potensi Penerimaan Pajak Reklame Terhadap Pendapatan Asli Daerah di Kota Pariaman. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
1510539015_Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I Pendahuluan)
1510539015_BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V Penutup)
1510539015_BAB V Penutup.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
1510539015_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
1510539015_Skripsi full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar potensi pajak reklame di Kota Pariaman, seberapa besar kontribusi pajak reklame terhadap Pendapatan Asli Daerah serta untuk mengetahui apakah pemungutan pajak reklame di Kota Pariaman sudah efektif atau belum. Penelitian dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif dimana tahun yang diteliti adalah dari periode 2012 sampai dengan 2016. Dalam menghitung potensi, asumsi yang digunakan adalah jumlah reklame tertinggi untuk reklame yang bersifat permanen, dan jumlah rata-rata dari reklame yang bersifat sementara. Data yang digunakan pada penelitian ini seluruhnya adalah data sekunder yang berasal dari Badan Keuangan Daerah Kota Pariaman, serta data-data lain yang berasal dari jurnal serta buku-buku yang dijadikan referensi. Hasil dari penelitian yang dilakukan menunjukkan penetapan target pajak reklame di Kota Pariaman masih jauh dibawah potensi sesungguhnya dengan selisih sekitar 73% - 84% selama tahun 2012 s.d 2016, kontribusi pajak reklame terhadap PAD hanya berkisar 0% - 1 % dari total seluruh PAD atau dengan kata lain belum memberi kontribusi yang signifikan. Efektivitas pemungutan pajak reklame di Kota Pariaman apabila ditentukan berdasarkan perbandingan antara realisasi dengan target adalah efektif yaitu berkisar antara 91,28% - 131,59%, namun apabila dibandingkan dengan potensi, maka hasil yang didapatkan adalah tidak efektif, yaitu berkisar antara 20,02 % - 24,46 %. Kata Kunci : Pajak Reklame, Kontribusi, Efektivitas, Pendapatan Asli Daerah

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Firdaus, SE., M.Si., Ak.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: s1 akuntansi reguler
Date Deposited: 04 May 2017 04:09
Last Modified: 04 May 2017 04:09
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/25307

Actions (login required)

View Item View Item