Gambaran Kesiapan Mahasiswa Tahap Akademik dan Dosen Program Studi Profesi Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Andalas terhadap Penerapan Interprofessional Education (IPE)

Gaby, Devenski (2017) Gambaran Kesiapan Mahasiswa Tahap Akademik dan Dosen Program Studi Profesi Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Andalas terhadap Penerapan Interprofessional Education (IPE). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
1. Abstrak+Cover GABY.pdf - Published Version

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
2. BAB 1 watermark.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 6)
3. BAB 6 watermark.pdf - Published Version

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4. Daftar Pustaka watermark.pdf - Published Version

Download (201kB) | Preview
[img] Text (Skripsi ful text)
full text skripsi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Data yang didapat dari hasil analisis root cause oleh Joint Commision (2005) mengatakan bahwa kegagalan komunikasi antar staf merupakan 60% penyebab dari kejadian sentinel yang ada dirumah sakit. Kebutuhan untuk memperkuat sistem kesehatan juga semakin meningkat. Interprofesional education (IPE) merupakan solusi terbaik yang diberikan untuk mempersiapkan kemampuan berkolaborasi tenaga kesehatan. Salah satu faktor yang berperan penting dalam kesuksesan penerapan IPE adalah sikap dari mahasiswa. Kesiapan dosen juga menjadi poin penting untuk keberhasilan penerapan IPE di institusi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan mahasiswa tahap akademik dan dosen prodi profesi dokter Fakultas Kedokteran Universitas Andalas (FK Unand) terhadap penerapan IPE. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan kombinasi pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Sampel untuk pendekatan kuantitatif adalah mahasiswa tahap akademik prodi profesi dokter FK Unand yang diambil dengan menggunakan teknik proportional random sampling sebanyak 293 orang. Sampel untuk pendekatan kualitatif adalah dosen prodi profesi dokter FK Unand yang diambil dengan teknik snowball sampling. Hasil penelitian didapatkan kesiapan mahasiswa sebagian besar dalam kategori baik sebanyak 82%, dan didapatkan dosen sudah siap untuk penerapan IPE akan tetapi butuh sosialisasi dan perlu persiapan yang matang dibantu dengan dukungan institusi. Kesimpulan penelitian adalah mahasiswa tahap akademik dan dosen prodi pofesi dokter siap untuk penerapan IPE.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: s1 pendidikan kedokteran
Date Deposited: 02 May 2017 06:24
Last Modified: 02 May 2017 06:24
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/25225

Actions (login required)

View Item View Item