Hubungan Kecerdasan Emosional dengan Perilaku Bullying Pada Remaja di SMK Muhammadiyah 1 Padang Tahun 2017

Afrina, Nenti Asmi (2017) Hubungan Kecerdasan Emosional dengan Perilaku Bullying Pada Remaja di SMK Muhammadiyah 1 Padang Tahun 2017. Other thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover + Abstrak WM.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
Bab I WM.pdf - Published Version

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab VII)
Bab VII WM.pdf - Published Version

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka WM.pdf - Published Version

Download (103kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full)
Skripsi Full WM.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Fenomena bullying di sekolah merupakan masalah di seluruh dunia yang dapat berdampak negatif bagi psikologis siswa. Berdasarkan data tahun 2014 – 2015 dilaporkan sebanyak 72 kasus adanya kekerasan atau bullying pada tingkat SD, SMP, SMA/SMK. Penelitian ini untuk mengetahui hubungan Kecerdasan Emosional dengan Perilaku Bullying pada Remaja di SMK Muhammadiyah 1 Padang. Desain penelitian yang digunakan adalah korelasi dengan pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan sampel adalah proportional random sampling dengan jumlah sampel 235 orang dari kelas X dan XII. Instrument penelitian menggunakan Adolescents Peer Relation Instrument dan Kecerdasan Emosional. Penelitian ini dilakukan di SMK Muhammadiyah 1 Padang. Hasil penelitian ini didapatkan Kecerdasan Emosional rendah dengan nilai mean 109 dan Perilaku Bullying tinggi dengan nilai mean 65.03. Terdapat hubungan negatif yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan perilaku bullying dimana p value (p=0.029) dengan nilai korelasi sangat kuat (r=-0.839). Berdasarkan penelitian ini, diharapkan remaja bisa mengendalikan emosi serta memiliki kecerdasan emosional sehingga dapat mencegah perilaku bullying pada remaja. Kata Kunci : kecerdasan emosional, perilaku bullying, remaja Daftar Pustaka : 50 (2002 – 2016) Relationship between Emotional Inteligence with Bullying in teenagers at SMK Muhammadiyah 1 Padang 2017 ABSTRACT Bullying phenomenon in school is a worldwide problem that can have negative lifelong consequences for psichologic students. Data 2014 - 2015 reported 72 casess bullying at children SD, SMP, SMA/SMK. This research aims review determine realtionships emotional Inteligence with bullying in teenagers at SMK Muhammadiyah 1 Padang. Analysis the incidence of bullying in primary school students in the district Padang Selatan. Design of research is descriptive korelation, the data on 235 students class of X and XII. Sample was taken by using simple Proportional random sampling. Instruments of research used the adolescents peer instrument and inteligence emotional. The reset at SMK Muhammadiyah 1 Padang. The result showed, the mean value of Emotional Inteligence 109 and a mean value of Bullying 65.03. There is a significant negatif relationship between Emotional Inteligence with the bullyingwhere p value = 0.029 and the value of the correlation was r= -0.839. This research suggested teenagers have emotional inteligence toprevent bullying in teenagers at school. Keyword : emotional inteligence, bullying, teenagers Bibliography : 50 (2002 – 2016)

Item Type: Thesis (Other)
Primary Supervisor: Ns. DEWI EKA PUTRI, S.Kep., M.Kep., Sp.KepJ
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program Profesi Ners
Date Deposited: 18 Apr 2017 04:19
Last Modified: 18 Apr 2017 04:19
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/24040

Actions (login required)

View Item View Item