GAMBARAN PERSEPSI MAHASISWA TAHAP AKADEMIK FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS ANDALAS TERHADAP INTERPROFESSIONAL EDUCATION

Firlando, Riyanda (2017) GAMBARAN PERSEPSI MAHASISWA TAHAP AKADEMIK FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS ANDALAS TERHADAP INTERPROFESSIONAL EDUCATION. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
ABSTRAK COVER.pdf - Published Version

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 6 Penutup)
BAB 6 (Penutup).pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[img] Text (Skirpsi Full Text)
TUGAS AKHIR FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Praktik kolaborasi antar tenaga kesehatan dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan. Interprofesional education (IPE) dibutuhkan untuk menghasilkan tenaga kesehatan yang mampu berkolaborasi di pelayanan kesehatan. Persepsi mahasiswa terhadap IPE dapat menjadi pertimbangan pengembangan IPE di Fakultas Kedokteran Universitas Andalas (FK Unand). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa tahap akademik FK Unand terhadap IPE. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan rancangan cross-sectional.. Sampel penelitian berjumlah 316 mahasiswa tahap akademik FK Unand. Sampel terdiri dari 229 mahasiswa profesi dokter, 48 mahasiswa psikologi, dan 39 mahasiswa kebidanan yang ditentukan dengan metode propotional random sampling. Pengambilan data persepsi mahasiswa terhadap IPE menggunakan kuesioner Interdiciplinary Education Perception Scale (IEPS). Hasil penelitian didapatkan 266 (84,2%) mahasiswa memiliki persepsi baik terhadap IPE dengan mahasiswa psikologi memiliki nilai tertinggi (87,5%) diikuti mahasiswa kebidanan (87,2%) dan terendah mahasiswa profesi dokter (83%). Persepsi baik terhadap IPE menurun seiring dengan bertambahnya tahun pendidikan namun meningkat di tahun terakhir pendidikan. Sebagian besar mahasiswa menunjukan persepsi yang baik terhadap keempat komponen persepsi terhadap IPE dengan nilai tertinggi pada komponen persepsi kebutuhan untuk bekerja sama (89,6%) dan terendah komponen pemahaman terhadap profesi lain (61,7%). Kesimpulan penelitian adalah mahasiswa tahap akademik FK Unand memiliki persepsi baik terhadap IPE namun pemahaman terhadap peran profesi lain masih kurang sehingga dibutuh intervensi IPE yang berkelanjutan di FK Unand. Kata kunci : IEPS, Interprofessional Education, Mahasiswa Kesehatan, Mahasiswa Tahap Akademik, Persepsi

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: dr.Yulistini,M.Med.Ed
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: s1 pendidikan kedokteran
Date Deposited: 17 Apr 2017 04:32
Last Modified: 17 Apr 2017 04:32
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/23716

Actions (login required)

View Item View Item