Pemasaran Politik (Political Merketing) Sitti Izzati Aziz pada Pemilu Legislatif Tahun 2014 di Provinsi Sumatera Barat

Wanda, Pratama (2016) Pemasaran Politik (Political Merketing) Sitti Izzati Aziz pada Pemilu Legislatif Tahun 2014 di Provinsi Sumatera Barat. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
ABSTRAK wanda pdf baru.pdf - Published Version

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
bab 1 wanda.pdf - Published Version

Download (512kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab Penutup)
BAB VI penutup wanda.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA wanda.pdf - Published Version

Download (409kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
skripsi full wanda.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk menjelaskan tentang pemasaran politik (political marketing) Sitti Izzati Aziz caleg DPRD Provinsi Sumatera Barat dari partai Golkar pada Pemilu Legislatif Provinsi Sumatera Barat Tahun 2014. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pemasaran politik (political marketing) yaitu product, promotion, price, dan place yang dilakukan oleh Sitti Izzati Aziz Pada Pemilu Legislatif Provinsi Sumatera Barat Tahun 2014. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Dalam penelitian ini teori yang digunakan adalah teori pemasaran politik (political marketing) menurut Andrew Lock & Phil Harris (1996) yaitu product, yang berarti kandidat atau gagasan-gagasan kandidat yang akan disampaikan ke masyarakat, promotion adalah pemilihan media dalam mempromosikan kandidat, price mencakup banyak hal yang dimulai dari harga ekonomi, psikologi, dan citra nasional, dan place adalah fokus daerah pendistribusian. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa pada pelaksanaan pemasaran politik (political marketing) yang dilakukan Sitti Izzati Aziz, dari segi product adalah Sitti Izzati Aziz menggunakan konsep pembaruan terhadap masyarakat dan juga menjadikan figur ketenaran orang tuanya sebagai nilai jual produk politik yang dia dimiliki. Selain itu promotion yang dilakukan adalah melalui media ruang seperti baliho, spanduk, kalender, dan kartu nama, yang mana mencantumkan foto dan nama orang tuanya yang sudah sangat dikenal masyarakat. Price yaitu biaya yang dikeluarkan oleh Sitti Izzati Aziz adalah untuk kebutuhan kampanye seperti membuat baju, baliho serta kebutuhan kampanye lainnya. Dan yang menjadi place Sitti Izzati Aziz adalah kalangan menengah ke bawah seperti kelompok-kelompok tani yang ada di Kecamatan 2x11 Enam Lingkung. Dari hasil penelitian tersebut terlihat bahwa hal yang sangat dominan dari kemenangan Sitti Izzati Aziz adalah karena faktor figur orang tuanya yang sangat membantu terhadap dirinya dalam meraih suara pada pemilu legislatif dan juga kemampuan Sitti Izzati Aziz menjaga suara di daerah kampung halamannya yang merupakan daerah pemenangannya sehingga hal tersebut menjadikan Sitti Izzati Aziz terpilih kembali menjadi anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat periode 2014-2019. Kata kunci : pemilu legislatif, marketing politik, product, promotion, price, place

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: J Political Science > J General legislative and executive papers
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: s1 Ilmu politik
Date Deposited: 09 Feb 2017 06:59
Last Modified: 09 Feb 2017 06:59
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/23144

Actions (login required)

View Item View Item