HUBUNGAN KONFLIK PERAN GANDA DAN DUKUNGAN SOSIAL DENGAN STRES KERJA PERAWAT PELAKSANA DI RUANG RAWAT INAP RSUD DR RASIDIN PADANG

Alya, Syafkoriana (2017) HUBUNGAN KONFLIK PERAN GANDA DAN DUKUNGAN SOSIAL DENGAN STRES KERJA PERAWAT PELAKSANA DI RUANG RAWAT INAP RSUD DR RASIDIN PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
1. COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text (PENUTUP)
3. BAB VII.pdf - Published Version

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
4. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (233kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL)
5. Skripsi WATERMARK.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Stres kerja merupakan fenomena yang umum terjadi di kalangan pekerja, termasuk tenaga kesehatan seperti perawat. Biasanya stres kerja dipengaruhi oleh adanya konflik peran ganda dan bagaimana dukungan sosial yang didapat oleh pekerja. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan konflik peran ganda dan dukungan sosial dengan stres kerja perawat pelaksana di Ruang Rawat Inap RSUD dr. Rasidin Padang tahun 2016. Desain penelitian ini penelitian deskriptif dengan menggunakan cross sectional. Stres kerja perawat pelaksana sebagian besar berada dalam kategori stres kerja sedang (60,2%), konflik peran ganda sebagian besar berada dalam kategori tinggi (64,5%), dukungan sosial perawat pelaksana sebagian besar berada dalam kategori rendah (52,7%). Hasil uji statistik menggunakan uji chi square didapati ada hubungan yang bermakna antara konflik peran ganda dengan stres kerja perawat pelaksana di Ruang Rawat Inap RSUD dr. Rasidin Padang dengan nilai p < α (p = 0,005) dan didapatkan nilai OR = 3,891, ada hubungan yang bermakna antara dukungan sosial dengan stres kerja perawat pelaksana di Ruang Rawat Inap RSUD dr.Rasidin Padang dengan nilai p < α (p = 0,002). Diharapkan pihak rumah sakit dapat memberikan reward kepada perawat teladan sehingga memotivasi bagi perawat lain untuk lebih meningkatkan kinerjanya, dan melibatkan keluarga perawat dalam kegiatan dirumah sakit seperti gathering family sehingga keluarga lebih mengenal ruang lingkup kerja perawat. Kata kunci : Dukungan Sosial, Konflik Peran Ganda, RSUD dr. Rasidin Padang, Stres Kerja Daftar pustaka : 60 (2007-2016)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program Profesi Ners
Date Deposited: 01 Feb 2017 07:26
Last Modified: 01 Feb 2017 07:26
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/22310

Actions (login required)

View Item View Item