EFEKTIVITAS KOMUNIKASI ORGANISASI, KEPUASAN KOMUNIKASI DAN KINERJA TENAGA KEPERAWATAN (STUDI PADA RSUD Dr. MUHAMMAD ZEIN PAINAN)

FEFNI, KALDIAN (2017) EFEKTIVITAS KOMUNIKASI ORGANISASI, KEPUASAN KOMUNIKASI DAN KINERJA TENAGA KEPERAWATAN (STUDI PADA RSUD Dr. MUHAMMAD ZEIN PAINAN). Masters thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (abstrak)
ABSTRAK BARU.pdf - Published Version

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (343kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[img] Text (TESIS FULL TEXT)
TESIS FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK EFEKTIVITAS KOMUNIKASI ORGANISASI, KEPUASAN KOMUNIKASI DAN KINERJA TENAGA KEPERAWATAN (STUDI PADA RSUD Dr. MUHAMMAD ZEIN PAINAN) Oleh : Fefni Kaldian BP. 1420869026 Pembimbing : Dr. Mulyanti Syas, M.Si dan Dr. Elfitra, M.Si Komunikasi memegang peranan penting dalam peningkatan kinerja tenaga keperawatan khususnya dalam menyampaikan informasi mengenai pembagian jasa pelayanan jaminan kesehatan nasional (JKN). Untuk terjadinya peningkatan dan perubahan dalam kinerja tenaga keperawatan diperlukan komunikasi yang efektif antara pihak manajemen atau pengelola jasa pelayanan RSUD Dr. Muhammad Zein Painan dengan tenaga keperawatan tersebut. Komunikasi efektif dalam upaya penyampaian informasi mengenai pembagian jasa pelayanan harus memiliki aspek kejelasan, ketepatan, konteks, alur dan budaya. Kepuasan komunikasi juga memiliki peranan penting dalam menigkatkan kinerja tenaga keperawatan, karena kepuasan komunikasi merupakan kepuasan terhadap informasi, media dan hubungan-hubungan dalam organisasi. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh efektivitas komunikasi organisasi terhadap kinerja tenaga keperawatan, mengetahui pengaruh efektivitas komunikasi organisasi terhadap kepuasan komunikasi tenaga keperawatan, mengetahui pengaruh efektiftas komunikasi organisasi terhadap kinerja melalui kepuasan komunikasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jumlah populasi 262 tenaga keperawatan. Jumlah sampel adalah 72 orang yang ditentukan dengan menggunakan rumus Slovin. Menentukan jumlah sampel masing-masing ruangan menggunakan Proportional Random Sampling, dan untuk memilih sampel masing-masing ruangan menggunakan Simple Random Sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner. Analisis data menggunakan analisis Path (analisis jalur), yaitu penggunaan analisis regresi untuk menaksir hubungan kausalitas antar variabel (causal) yang telah ditetapkan sebelumnya berdasarkan teori. Hasil penelitian diketahui bahwa variabel efektivitas komunikasi organisasi tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja tenaga keperawatan. Variabel efektivitas komunikasi organisasi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan komunikasi dan variabel efektivitas komunikasi organisasi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kinerja keperawatan melalui kepuasan komunikasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: s2 ilmu komunikasi
Date Deposited: 31 Jan 2017 06:49
Last Modified: 31 Jan 2017 06:49
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/22156

Actions (login required)

View Item View Item