Hubungan Dukungan Pasangan dengan Perilaku Perawatan Diri pada Penderita Diabetes Melitus Tipe 2 di Wilayah Kerja Puskesmas Pauh Padang Tahun 2016

Elditya, Fransiska (2016) Hubungan Dukungan Pasangan dengan Perilaku Perawatan Diri pada Penderita Diabetes Melitus Tipe 2 di Wilayah Kerja Puskesmas Pauh Padang Tahun 2016. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
abstrak cover.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VII Penutup)
BAB VII Kesimpulan dan Saran.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full text)
skripsi full fix.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Program Studi S1 Keperawatan Fakultas Keperawatan Universitas Andalas Desember 2016 Nama : Elditya Fransiska No BP : 1210321018 Hubungan Dukungan Pasangan dengan Perilaku Perawatan Diri pada Penderita Diabetes Melitus Tipe II di Wilayah Kerja Puskesmas Pauh Padang ABSTRAK Diabetes mellitus tipe 2 merupakan salah satu penyakit kronis yang paling banyak dialami oleh penduduk didunia. Sekitar 90% angka kematian penyakit diabetes disebabkan oleh diabetes mellitus tipe 2. Kematian disebabkan oleh adanya komplikasi yang terjadi pada Diabetes Mellitus tipe 2. Prilaku perawatan diri pada penderita Diabetes Melitus Tipe 2 sangat diperlukan untuk mencegah terjadinya berbagai macam komplikasi. Perilaku perawatan diri mencakup mengatur pola makan, latihan fisik, minum obat, pemantauan glukosa darah, perawatan kaki, dan berhenti merokok. Rendahnya tingkat perawatan diri yang dilakukan oleh penderita Diabetes Melitus Tipe 2 disebabkan oleh berbagai faktor. Salah satu faktor yang mempengaruhi perilaku perawatan diri penderita Diabetes Melitus Tipe 2 adalah dukungan pasangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat hubungan dukungan pasangan dengan perilaku perawatan diri pada pasien diabetes melitus tipe 2. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional, yang dilaksanakan di wilayah kerja puskesmas Pauh Padang. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 137 orang dengan menggunakan uji chi square. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan bermakna antara dukungan pasangan dengan perilaku perawatan diri pasien diabetes melitus tipe 2 dengan p=0,000 (p<0,05). Diharapkan kepada penderita Diabetes Mellitus tipe 2 agar lebih patuh dalam melakukan perawatan diri, dan pelayanan kesehatan agar dapat meningkatkan pendidikan kesehatan tentang pentingnya dukungan pasangan terhadap perawatan diri bagi penderita dan pasangan Diabetes Melitus tipe 2. Kata kunci : Diabetes melitus tipe 2, dukungan pasangan, perilaku perawatan diri Daftar pustaka : 50 (2000-2015)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program Profesi Ners
Date Deposited: 30 Jan 2017 06:30
Last Modified: 30 Jan 2017 06:30
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/22048

Actions (login required)

View Item View Item