hubungan motivasi dan dukungan sosial dengan kepatuhan pembatasan cairan dan diit pasien gagal ginjal kronik hemodialisa di RSUD. Dr Achmad Mochtar Bukittinggi tahun 2016

Melly, Solina (2017) hubungan motivasi dan dukungan sosial dengan kepatuhan pembatasan cairan dan diit pasien gagal ginjal kronik hemodialisa di RSUD. Dr Achmad Mochtar Bukittinggi tahun 2016. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
cover dan abstrac water.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1)
BAB 1 WATER.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VII WATER.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA WATER.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[img] Text (skripsi full text)
skripsi WATER.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Ketidakpatuhan pada pasien gagal ginjal kronik dapat menyebabkan kegagalan pengobataan. Dukungan sosial dan motivasi adalah faktor yang sangat penting dalam kepatuhan pembatasan asupan cairan dan diet pada pasien penyakit ginjal kronik yang menjalani hemodialisa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan motivasi dan dukungan sosial dengan kepatuhan diet dan cairan pada pasien gagal ginjal kronik yang menjalani hemodialisa di RSUD Dr. Achmad Muchtar Bukittinggi. Jenis penelitian ini yaitu analitik dengan pendekatan cross sectional study. Waktu penelitian dilaksanakan pada bulan Desember 2016. Sampel penelitian adalah seluruh pasien yang menjalani hemodialisa dengan jumlah 72 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling. Data diperoleh dengan instrumen penelitian kuisioner. Analisa data dilakukan secara univariat dan bivariat dengan menggunakan uji chi square dengan batas kemaknaan p ≤ 0,05. Hasil penelitian didapatkan adanya hubungan motivasi dengan kepatuhan diet pasien gagal ginjal kronik yang menjalani hemodialisa dengan nilai p = 0,000, adanya hubungan motivasi dengan kepatuhan cairan pasien gagal ginjal kronik yang menjalani hemodialisa dengan nilai p = 0,000, adanya hubungan dukungan sosial dengan kepatuhan diet pasien gagal ginjal kronik yang menjalani hemodialisa dengan nilai p = 0,000 serta adanya hubungan dukungan sosial dengan kepatuhan cairan pasien gagal ginjal kronik yang menjalani hemodialisa dengan nilai p = 0,000. Diharapkan pihak rumah sakit dapat meningkatkan motivasi pasien dengan membentuk hemodialisa peer group dan meningkatkan dukungan keluarga dengan cara membekali keluarga pasien dengan pendidikan kesehatan untuk dapat memahami permasalahan-permasalah yang dialami pasien hemodialisis. Kata Kunci : Motivasi, Dukungan Sosial, Kepatuhan Cairan, Kepatuhan Diet, Pasien Gagal Ginjal Kronik dan Hemodialisa Daftar Pustaka : 80 (1998-2014)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program Profesi Ners
Date Deposited: 27 Jan 2017 06:56
Last Modified: 27 Jan 2017 06:56
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/21787

Actions (login required)

View Item View Item