EFEKTIFITAS YOGA HATHA DAN TERAPI MEDIS TERHADAP PENURUNAN KADAR GULA DARAH PADA PASIEN DIABETES MELITUS TIPE II DI POLIKLINIK RSI IBNU SINA YARSI PADANG 2016

Quraini, Quraini (2017) EFEKTIFITAS YOGA HATHA DAN TERAPI MEDIS TERHADAP PENURUNAN KADAR GULA DARAH PADA PASIEN DIABETES MELITUS TIPE II DI POLIKLINIK RSI IBNU SINA YARSI PADANG 2016. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover Abstrak)
abstrak.pdf - Published Version

Download (535kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (373kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB Akhir)
BAB VII.pdf - Published Version

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (120kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Fulltext)
skripsi fulll text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Diabetes Mellitus adalah gangguan metabolisme yang menjadi tantangan kesehatan utama di seluruh dunia dan Indonesia. Prevalensi DM di Indonesia menempati peringkat ke 5 dari jumlah penderita DM terbanyak di dunia. Peningkatan insulin pada pasien tipe 2 dapat terjadi karena aktifitas fisik, stres dan usia. Untuk menurunkan gula darah tersebut dapat dilakukan dengan terapi non farmakologi, salah satunya adalah terapi yoga hatha. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui Efektifitas Yoga Hatha Dan Terapi Medis Terhadap Penurunan Kadar Gula Darah Pasien Diabetes Mellitus Tipe 2 di poliklinik RSI Ibnu Sina Yarsi Padang. Desain penelitian ini quasi-eksperimen dengan pendekatan Non Equivalen Comparison group pretest-posttest Design. Sampel pada penelitian ini adalah 14 orang kelompok eksperimen dengan yoga hatha dan 14 orang kelompok kontrol dengan metformin 500mg. Hasil penelitian ini menunjukkan penurunan rata-rata kadar gula darah yoga hatha 92,28mg/dl dengan metformin adalah 62 mg/dl.yoga efektif menurunkan kadar gula darah pada kelompok intervensi sebesar 30mg/dl selama 3 hari. Hasil uji statistik kelompok intervensi dan kontrol didapatkan nilai p= 0,000 (p<0,05) yang berarti dapat menurunkan kadar gula darah pasien DM Tipe II. Disarankan yoga hatha efektif menurunkan gula darah pasien DM Tipe II dan rekomendasi untuk RSI Ibnu Sina untuk segi pelayanan prefentif dan promotif mencegah komplikasi DM. Kata kunci : Diabetes Mellitus Tipe II, Yoga Hatha, Methformin 500mg Daftar Pustaka : 36 (2001-2016)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program Profesi Ners
Date Deposited: 27 Jan 2017 08:03
Last Modified: 27 Jan 2017 08:03
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/21772

Actions (login required)

View Item View Item