pengaruh penyuluhan PHBS mencuci tangan pakai sabun terhadap perilaku(pengetahuan, sikap dan tindakan)mencuci tangan siswa kelas V SDN 16 Surau Gadang Nanggalo Padang Tahun 2016

Ade, Novita (2017) pengaruh penyuluhan PHBS mencuci tangan pakai sabun terhadap perilaku(pengetahuan, sikap dan tindakan)mencuci tangan siswa kelas V SDN 16 Surau Gadang Nanggalo Padang Tahun 2016. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (BAB VII)
bab 7 water.pdf - Published Version

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text (COVER & ABSTRAK)
cover plus abstrak water.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
bab 1 water.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
daftar pustaka water.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[img] Text (skripsi full text)
ADE NOVITA WATER.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Permasalahan yang sering terjadi pada anak usia sekolah biasanya selalu berkaitan dengan kebersihan perorangan dan lingkungan, salah satunya adalah perilaku mencuci tangan pakai sabun. Salah satu upaya untuk mencegah penyakit yang ditimbulkan akibat cuci tangan yang buruk adalah dengan usaha promotif yaitu penyuluhan kesehatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penyuluhan PHBS mencuci tangan pakai sabun terhadap perilaku (pengetahuan, sikap, dan tindakan) mencuci tangan siswa kelas V SD. Desain penelitian yang digunakan adalah eksprimen semu (quasi experiment) dengan pendekatan one group pretest and posttest design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 16 Surau Gadang dengan 50 sampel dengan metode total sampling, waktu penelitian tanggal 19 November 2016. Tekhnik analisa data penelitian menggunakan uji Wilcoxon. Hasil penelitian didapatkan rata-rata pengetahuan siswa sebelum diberikan penyuluhan 3,90 dan sesudah penyuluhan 7,66. Rata- rata sikap siswa sebelum diberikan pe nyuluhan 21,70 dan sesudah penyuluhan 31,82 serta rata-rata tindakan sebelum diberikan penyuluhan 23,08 dan sesudah penyuluhan 36,46. Hasil uji statistik menunjukkan adanya pengaruh penyuluhan PHBS mencuci tangan pakai sabun terhadap perubahan perilaku (pengetahuan, sikap dan tindakan) siswa (p = 0,000). Disarankan pihak sekolah terutama guru dapat mengajarkan/mengulangi cara mencuci tangan pakai sabun yang benar kepada siswa secara berkesinambungan. Kata Kunci : Penyuluhan PHBS, Perilaku, Cuci Tangan Daftar Pustaka : 48 ( 2005-2016)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program Profesi Ners
Date Deposited: 27 Jan 2017 06:53
Last Modified: 27 Jan 2017 06:53
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/21765

Actions (login required)

View Item View Item