PENGARUH EDUKASI PERSONAL TERHADAP SELF CARE DAN STRES PADA PASIEN DIABETES FOOT ULCER DI KOTA PADANG

RAHMIWATI, RAHMIWATI (2023) PENGARUH EDUKASI PERSONAL TERHADAP SELF CARE DAN STRES PADA PASIEN DIABETES FOOT ULCER DI KOTA PADANG. Masters thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (194kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (269kB)
[img] Text (BAB AKHIR)
BAB AKHIR.pdf - Published Version

Download (172kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (203kB)
[img] Text (TESIS FULL TEXT)
TESIS FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Pasien diabetic foot ulcer mempunyai alasan dan permasalahan yang berbeda terhadap penerimaan dan perilaku self care dan stres. Edukasi kelompok maupun edukasi yang diberikan secara massa tidak secara rinci memberikan informasi sesuai kebutuhan permasalahan kesehatan yang dihadapi pasien DFU. Salah satu metode edukasi yang dapat digunakan yaitu edukasi personal yang memberikan kesempatan bagi pasien untuk berdiskusi dengan perawat dan mengungkapkan permasalahan sesuai kebutuhan yang membuat penerimaan edukasi terhadap perilaku kesehatan yang lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh edukasi personal terhadap self care dan stres pada pasien diabetic foot ulcer di kota Padang. Penelitian ini menggunakan desain quasi-eksperimental dengan rancangan pre–posttest with control group. Sampel pada penelitian ini sebanyak 34 responden dengan 17 pada kelompok intervensi dan 17 pada kelompok kontrol. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan kuesioner SDSCA untuk self care dan kuesioner DDS untuk stres. Intervensi edukasi personal diberikan sebanyak 8 kali pertemuan. Data dianalisis dengan univariat dan bivariat dengan uji Independent Samples T-Test. Hasil penelitian didapatkan terdapat peningkatan rata-rata skor self care pada kelompok intervensi (43,53 ± 4,784) dibandingkan kelompok kontrol (18,71 ± 4,753) dan penurunan rata-rata skor stres kelompok intervensi (33,94 ± 2,749) dibandingkan kelompok kontrol (65,59 ± 5,691), serta adanya pengaruh intervensi edukasi personal terhadap self care dan stres pada pasien DFU dengan ρ=0,000 (ρ<0,05). Edukasi personal memberikan manfaat pada penderita diabetic foot ulcer sehingga disarankan kepada perawat dapat memberikan edukasi personal kepada penderita diabetic foot ulcer terkait self care dan stres dengan memberikan pertinggalan media booklet kepada pasien.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Prof. Hema Malini, S.Kp., MN., PhD
Uncontrolled Keywords: diabetic foot ulcer, edukasi personal, self care, stres
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 keperawatan keperawatan
Date Deposited: 20 Sep 2023 04:33
Last Modified: 20 Sep 2023 04:33
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/216711

Actions (login required)

View Item View Item