Implementasi Etika Bisnis Pada Marketing PT. Garuda Indonesia (PERSERO) TBK. BRANCH OFFICE Padang Dalam Meningkatkan Pelayanan

Kiki, Tri Kurnia (2017) Implementasi Etika Bisnis Pada Marketing PT. Garuda Indonesia (PERSERO) TBK. BRANCH OFFICE Padang Dalam Meningkatkan Pelayanan. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
cover pdf.pdf - Published Version

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I PDF.pdf - Published Version

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V PDF.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka PDF.pdf - Published Version

Download (201kB) | Preview
[img] Text
Full tugas akhir.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

12 BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Bisnis adalah suatu kegiatan yang dilakukan secara terus - menerus mulai dari pengadaan bahan baku, produksi, pemasaran dan distribusi sampai pada konsumen dalam bentuk barang maupun jasa dengan tujuan mendapatkan keuntungan dan kemanfaatan. Adanya bisnis tidak bisa terlepas dari adanya du a unsur yaitu, subjek dan objek. Subjek bisnis adalah pelaku bisnis itu sendiri meliputi pemerintah, pemilik perusahaan, pemegang saham, manajer, karyawan, produsen, pemasok, distributor, masyarakat, dan kons umen. Sedangkan objek bisnis adalah barang dan jasa yang menjadi objek dari pelaku bisnis. Selain itu dalam bisnis juga diperlukan beberapa hal penting bagi berjalannya bisnis itu sendiri, yaitu keuangan, manajerial, dan etika. Dalam dunia bisnis etika m emiliki peran penting bagi perjalanan organisasi bisnis. Bisnis merupakan aktivitas yang memerlukan tanggung jawab moral dalam pelaksanaannya, sehingga etika dalam praktik bisnis memiliki hubungan yang erat. Bisnis tanpa etika a kan membuat praktik bisnis m enjadi tidak terkendali dan justru merugikan tujuan utama dari bisnis itu sendiri . Etika dilaksanakan sesuai dengan tuntutan kebutuhan dunia bisnis. Etika menuntut agar seseorang melakukan ajaran moral tertentu karena ia sadar bahwa hal itu memang bermanfa at dan baik bagi dirinya dan orang lain (Keraf,1998). Perusahaan yang unggul sebaiknya tidak hanya tergantung pada kinerja yang baik, pengaturan manejerial dan financial yang baik , keunggulan teknologi 13 yang dimiliki, sarana dan prasarana yang dimiliki mel ainkan juga harus didasari dengan etis dan etos bisnis yang baik. Dengan memperhatikan etos dan etis bisnis yang baik maka kepercayaan konsumen terhadap perusahaan tetap terjaga. Hal ini tentunya membantu perusahaan dalam menciptakan citra bisnis yang baik dan etis. Saat ini industri jasa merupakan sektor ekonomi yang sangat besar dan tumbuh dengan pesat. Salah satunya adalah jasa transportasi. Transportasi merupakan industri jasa yang men gemban fungsi pelayanan publik , yang secara umum menyediakan jasa yang dapat membantu m asyarakat untuk berpindah dari sua tu tempat ke tempat lain . Namun dirasa pelayanan transportasi bukan hanya sekedar jas a yang mampu membantu masyarakat untuk menuju ke sebuah destinasi. Melainkan, didalam proses awal mereka melakukan p emesanan tiket, s ampai ditempat tujuan masyarakat juga membutuhkan pelayanan yang dapat membantu mereka merasa nyaman dan aman selama melakukan perjalanan. Banyak pilihan sarana transportasi yang dapat dipilih oleh masyarakat. Namun nampaknya kini masyarak at mulai berpikir cepat d an praktis, untuk memilih menggunakan jasa transportasi yang nyaman, dan tidak memakan jangka waktu y ang lama , namun dengan harga yang masih terjangkau khususnya untuk kelas ekonomis. Hal ini menyebabkan, masyarakat memilih menggun akan jasa penerbangan. Penerbangan adalah salah satu jasa yang banyak diminati oleh masyarakat , karena biaya yang relatif terjangkau dan dapat menghemat waktu dalam melakukan perjalan. Perkembangan Industri Jasa Penerbangan yang semakin 14 pesat, kian bergulat dalam meraih perhatian pasar. Persaingan yang ketat dilakukan oleh beberapa maskapai penerbangan yang ada di Indonesia. Sejumlah armada terus bersaing untuk duduk di pasar domestik maupun internasional. Untuk mempertahankan pasarnya se ti a p armada penerbangan harus meningkatkan pel ayanan terhadap pengguna jasa agar dapat selalu mempertahankan produknya. Pelayanan yang prima akan membua t kenyamanan pada masyarakat , karena kenyamanan adalah salah satu h ak yang diinginka n pengguna jasa dala m melakukan suatu perjalanan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi > D3 Kesekretariatan dan Manajemen Perkantoran
Depositing User: d3 kesekretariatan ekonomi
Date Deposited: 27 Jan 2017 07:18
Last Modified: 27 Jan 2017 07:18
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/21652

Actions (login required)

View Item View Item